04 October 2020, 18:35 WIB

Pemerintah Upayakan Vaksin Covid-19 Tersedia Tepat Waktu


Atalya Puspa | Humaniora

PEMERINTAH menyiapkan roadmap agar vaksin covid-19 tersedia tepat waktu, yakni pada 2021. Untuk jangka pendek pemerintah telah melakukan diplomasi dengan berbagai pihak dalam penyediaan vaksin. Dalam jangka panjang dilakukan pengembangan vaksin merah putih, produksi dalam negeri.

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kementerian Kesehatan Vensya Sitohang mengungkapkan hal itu, Sabtu (3/10). Ia menegaskan, masyarakat tidak perlu takut untuk melakukan vaksinasi.

Pasalnya, vaksinasi telah dikenal sejak abad ke-18 di dunia dan terbukti mampu serta memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam melindungi manusia dengan memberikan kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit.

”Jangan takut imunisasi, karena kualitasnya terjaga dan tentu dari mulai registrasi hingga pembuatan terjaga. Dikawal juga oleh WHO (badan kesehatan dunia) dan pelaksanaan di Indonesia juga dikawal Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)," ucapnya.

"Pengembangan vaksinasi ini tidak pernah berhenti. Oleh karena itu dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan, agar semua yang menjadi sasaran imunisasi bisa mendapatkan hak dan mendapatkan imunisasi agar terhindar dari penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi," lanjutnya.

Seperti diketahui, Indonesia tengah melangsungkan uji klinis vaksin covid-19 tahap III. Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, uji klinis vaksin covid-19 ditargetkan akan selesai pada Januari 2021. (OL-14)

BERITA TERKAIT