03 October 2020, 16:59 WIB

Wah, Malam ini Planet Mars akan Ditutupi Bulan


Bagus Pradana | Weekend

SAAT ini, Planet Mars berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi dan akan tampak saling berdekatan (konjungsi) dengan bulan pada tengah malam hari nanti.

Keduanya akan muncul di ufuk timur, kemudian bergerak ke barat saat malam hari hingga mencapai titik tertingginya di langit selatan.

Menurut situs EarthSky, yang dilandir Dailymail.co.uk, mereka yang tinggal di wilayah dunia bagian selatan, khususnya di kawasan Amerika Latin akan dapat menyaksikan 'Okultisme Bulan', yaitu fenomena ketika Bulan menutupi Planet Mars selama beberapa saat, pada Sabtu malam nanti,

Mars dan Bumi saling berdekatan setiap dua tahun, sebab Mars mengorbit matahari setiap 26 bulan. Hal ini yang menyebabkan Mars selalu mendekat ke Bumi selama dua tahun sekali.

Selama Oktorober pengamat angkasa akan disuguhi berbagai macam fenomena antariksa. Selain Okltisme Bulan yang akan terjadi nanti malam, pada bulan ini juga akan ada hujan meteor Orionid dengan puncaknya yang diperkirakan terjadi pada 21 Oktober.

NASA menyatakan hujan meteor Orionid tahun ini akan menjadi salah satu hujan meteor terindah sepanjang masa yang dapat terlihat di belahan bumi Utara dan Selatan pada tengah malam.

Fenomena Blue Moon juga akan kembali menampakan dirinya di semua zona waktu pada 31 Oktober mendatang. (M-4)

BERITA TERKAIT