03 October 2020, 14:55 WIB

Meninggal, Balita Positif Covid-19 di Tasikmalaya


Adi Kristiadi | Nusantara

SALAH satu pasien positif covid-19 di Kota Tasikmalaya kembali meninggal dunia di ruangan isolasi rumah sakit umum daerah dr Soekardjo, Sabtu (3/10) pukul 03.40 WIB pagi. Pasien yang masih balita tersebut sempat menjalani perawatan tapi nyawanya tidak tertolong. Hingga sekarang ratusan pasien lain sedang melakukan isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat mengatakan, pasien tersebut mengeluh sesak nafas, batuk, dan demam hingga ibunya membawanya ke rumah sakit. "Sebelum balita yang meninggal dunia itu, ibu kandungnya berupaya melakukan tes swab secara mandiri di salah satu rumah sakit dan hasilnya itu terkonfirmasi positif. Petugas gugus tugas secara langsung membawanya ke RSUD dr Soekardjo untuk diisolasi tapi dini hari nyawanya tidak tertolong," katanya, Sabtu (3/10).

Uus mengatakan, penambahan pasien positif yang terjadi sekarang terus meningkat karena ada beberapa klaster baru, antara lain pesantren, keluarga, dan tenaga kesehatan. Jumlahnya mencapai ratusan orang.

Pasien terkonfirmasi positif covid-19 menjalani perawatan di RSUD dr Soekardjo, RS swasta, dan Rusunawa. Sisanya melakukan karantina.

"Untuk sekarang jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 berada di Kota Tasikmalaya terus mengalami penambahan dan jumlahnya tercatat 225 kasus. Di antara mereka, 151 pasien telah menjalani isolasi, 65 orang sembuh, dan 9 orang meninggal dunia. Sekarang petugas gugus tugas melakukan tracing terhadap keluarga pasien," ujarnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT