03 October 2020, 13:09 WIB

Duh, Ratusan Ribu Hiu Terancam Mati Demi Ciptakan Vaksin Covid-19


Putri Rosmalia Oktaviani | Weekend

Di tengah upaya banyak negara dan perusahaan farmasi di dunia menciptakan vaksin covid-19, ratusan ribu hiu terancam kehidupannya. Setidaknya setengah juta hiu diperkirakan akan digunakan sebagai salah satu bahan pembuat vaksin covid-19.

Squalene, minyak alami yang ada dalam hati atau liver ikan hiu memiliki kemampuan untuk meningkatkan efektivitas sebuah vaksin. Selama ini Squalene telah banyak digunakan.

Dalam pembuatan vaksin covid-19, Squalene juga dikonfirmasi digunakan sebagai salah satu bahan utama oleh beberapa perusahaan farmasi. Upaya penciptaan vaksin covid-19 yang dilakukan secara masif diprediksi akan membuat kehidupan hiu semakin terancam.

Bila nantinya salah satu vaksin covid-19 yang mengandung Squalene lolos uji klinis dan terbukti efektif mencegah covid, akan dibutuhkan squalene dari seperempat hingga setengah juta hati ikan hiu untuk memproduksi vaksin bagi orang di seluruh dunia.

Jumlah itu akan bertambah dua kali lipat bila vaksin yang disuntikkan harus dilakukan secara berulang atau double shots.

Direktur Eksekutif Shark Allies, Stefanie Brendl, mengatakan perusahaan-perusahaan farmasi harus mulai memikirkan untuk bisa memproduksi squalene selain dari hati ikan hiu.

"Menggunakan sesuatu dari hewan liar akan menciptakan ketidakseimbangan apalagi kalau itu salah satu predator utama," ujar Brendl, seperti dilansir dari mirror.co.uk, Sabtu, (3/10).

Ia mengatakan tak ingin menghambat upaya pembuatan vaksin dengan mengeluarkan pernyataan itu. Namun, upaya mencari alternatif squalene tetap harus dilakukan. Dengan begitu, pembuatan vaksin tak akan menciptakan masalah baru yang juga nantinya dapat berdampak pada kehidupan manusia. (M-4)

BERITA TERKAIT