03 October 2020, 12:16 WIB

Wakil Ketua DPR Minta KPK Evaluasi Diri


Sri Utami | Politik dan Hukum

WAKIL Ketua DPR Azis Syamsudin meminta Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengevaluasi lembaga itu. Hal tersebut terkait banyaknya karyawan KPK yang mengundurkan diri.

“Yang tahu persis adalah pimpinan KPK. Saya memberi apresiasi dan membari waktu kepada pimpinan KPK sekarang untuk melakukan evaluasi kemudian juga melakukan hal-hal untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujar Azis, Jumat (2/10).

Menurut Azis, KPK memiliki analisa Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT) sebagai parameter. Sehingga harus dilihat secara komprehensif alasan keluarnya karyawan KPK.

Baca juga: KPK Mengaku tidak Bisa Kerja Maksimal Akibat Covid-19

“Jadi masalahnya mereka mundur mungkin alasannya harus kita tahu , apakah itu karena dia mendapat pekerjaan baru, itu yang harus dilihat, tapi hal itu menjadi bahan bagi pimpinan KPK untuk melihat kenapa ini bisa terjadi,” ucapnya.

Sebelumnya, sebanyak 34 pegawai KPK mengundurkan diri sepanjang 2020. Mereka meninggalkan lembaga tersebut dengan alasan yang beragam.

Sebanyak 21 pegawai KPK mundur karena mendapatkan pekerjaan baru. Kemudian tiga orang mundur karena alasan keluarga dan dua orang mundur akibat tersangkut kasus hukum. (OL-1)

BERITA TERKAIT