03 October 2020, 12:02 WIB

Pemda Siapkan Tanah 10 Hektare untuk Polres Maybrat


Martinus Solo | Nusantara

GUNA pembentukan Polres baru di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Pemda Kabupaten Maybrat menyiapkan tanah seluas 10 hektare untuk mendukung pembentukan Polres baru tersebut.

Oleh karena itu, Polda Papua Barat meninjau lahan pembangunan Polres di Kumurkek, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Sabtu (3/10).

Pembangunan Polres di Maybrat merupakan sebuah kebutuhan masyarakat agar pelayanan kamtibmas dapat terkoordinasi secara menyeluruh.

Baca juga: Gubernur Papua akan Bentuk Tim Kemanusiaan Intan Jaya

Kapolres Sorong Selatan-Maybrat AKBP Sahat Siregar mengatakan hasil studi dan survei lokasi tersebut akan dipresentasikan kepada Menpan RB agar dapat mengesahkan pembangunan Polres Maybrat.

Dikatakannya, apabila penyediaan tempat dan persyaratan lainnya dipenuhi oleh pemda setempat, Menpan RB akan menyetujuinya.

Dirinya juga berharap pembangunan Polres Maybrat segera disetujui untuk dibangun mengingat jangkauan wilayah Polres Sorong Selatan dengan
Maybrat sangat jauh sehingga menjadi hambatan pada pelayanan terhadap masyarakat.

"Sejak saya menjabat sebagai Kapolsek di Aitinyo, saya merasakan kesulitan jangkauan pelayanan dari Sorong Selatan dengan Maybrat. Dan mudah-mudahan Menpan RB segera mengesahkan pembangunan Polres Maybrat agar mempermudah pelayanan kamtibmas menjadi maksimal," kata Siregar.

Sementara itu, Bupati Maybrat Bernard Sagrim berkomitmen dan siap menyediakan lahan seluas 10 hektare untuk pembangunan Polres Maybrat dan asrama kepolisian.

Bernard berjanji pada 2021-2022 semua pembangunan Polres Maybrat sudah terangkum dan siap digunakan, termasuk prasarana lainnya.

Sebab, kehadiran Polres di Maybrat sangat membantu pembangunan pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat dapat dijangkau secara merata.

"Pemda siap 100% membantu yang dibutuhkan untuk pembangunan Polres di Maybrat. Dan kami selalu berkomitmen. Karena ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dan lokasi ini kami pilih karena pembangunan perkantoran akan sampai ke sini," terang Bernard

Lebih jauh, Bernard menegaskan terkait hak ulayat merupakan tanggung jawab penuh pemda Maybrat, agar pembangunan Polres segera dibangun.

Saat peninjauan lokasi pembangunan Polres Maybrat, ketua tim Mabes Polri bersama Kapolres Sorong Selatan, menyetujui lokasi tersebut karena sangat strategis dan dekat dengan perkantoran pemerintahan. (OL-1)

BERITA TERKAIT