03 October 2020, 09:00 WIB

Rencana Pembukaan Kembali Bioskop XXI di Banjarmasin Tuai Polemik


Denny Susanto | Nusantara

RENCANA pembukaan kembali bioskop XXI di Duta Mall Kota Banjarmasin, di tengah pandemi covid -19, menuai polemik. Pasalnya, jumlah kasus positif virus korona di Kalimantan Selatan terus bertambah dan sudah mencapai 10.481 kasus.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin Hermansyah menegaskan pihaknya tidak pernah memberi izin kepada pengelola bioskop XXI Duta Mall untuk beroperasi atau membuka kembali bioskop di tengah kondisi pandemi yang belum mereda saat ini.

Sebelumnya, pihak pengelola XXI Duta Mall sempat mengajukan izin beroperasional. Namun, Pemkot Banjarmasin melalui Tim Gugus Tugas meminta rencana itu ditunda hingga kondisi pandemi mereda dan wilayah Banjarmasin menjadi zona hijau penularan covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Klaten Belum Mereda

Sementara itu, pihak pengelola Duta Mall mengaku pembukaan kembali bioskop satu-satunya di Kalsel tersebut baru dalam tahap uji coba. Namun, pihaknya telah mengantongi rekomendasi dan sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Duta Mall sendiri, sejak Agustus, sudah kembali beroperasi dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, hingga Sabtu (3/10), jumlah kasus positif covid-19 di Kalsel terus bertambah dan sudah mencapai 10.481 kasus dengan jumlah penderita meninggal dunia sebanyak 426 orang.

Ada penambahan 78 kasus baru dan kasus sembuh 59 orang sehingga total penderita covid-19 yang sembuh sebanyak 8.953 orang. Kemudian ada 1.102
orang penderita masih dirawat di sejumlah rumah sakit dan lokasi karantina khusus serta 433 orang berstatus suspect.

Kota Banjarmasin merupakan daerah dengan penyebaran covid-19 tertinggi di Kalsel dengan jumlah penderita sebanyak 3.270 orang.

Sebanyak 431 orang penderita covid-19 masih dirawat dan 158 orang meninggal dunia.

Secara keseluruhan sebagian besar wilayah Kota Banjarmasin sudah berstatus zona hijau penyebaran covid-19. (OL-1)

BERITA TERKAIT