03 October 2020, 05:15 WIB

Kemendag Dorong Digitalisasi Transaksi


(Ins/E-3) | Ekonomi

KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) mendorong digitalisasi transaksi di pasar untuk mengurangi kontak fisik di tengah pandemi covid-19. Digitalisasi pasar berpotensi menambah pendapatan pedagang.

"Pedagang bisa menjajakan dagangan secara daring, tanpa batas, dan itu bisa menambahkan pendapatan. Sementara itu, dari sisi pembeli tidak harus pergi ke pasar secara rutin untuk membeli kebutuhan sehari-hari," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam keterangan resmi, Jakarta, kemarin.

Digitalisasi, lanjut Wamendag, menjadi salah satu inovasi dan prioritas Kementerian Perdagangan agar sektor perdagangan tetap bergairah.

Menurut Jerry, digitalisasi pasar rakyat bertujuan mempermudah proses transaksi, meningkatkan layanan kepada konsumen, mengurangi risiko terjadinya kejahatan, dan memudahkan pendataan, terutama data omzet.

Ia menyebutkan digitalisasi pasar meningkatkan perdagangan daring, penggunaan kurir daring, peningkatan penggunaan cara pembayaran nontunai, serta penurunan mobilitas dan aktivitas sosial di ruang publik. (Ins/E-3)

BERITA TERKAIT