03 October 2020, 06:28 WIB

Gatot Diingatkan Pandemi belum Usai


Uta/Cah/P-2 | Politik dan Hukum

WAKIL Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta semua pihak untuk sementara menahan diri selama pandemi covid-19 belum usai. Hal itu ia ungkapkan terkait dengan pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang merasa keberatan acara deklarasi serta tabur bunga yang ia laksanakan di TMP Kalibata diganggu.

“Ya saya imbau kepada semua pihak untuk saling menahan dirilah. Baik kepada yang melakukan deklarasi-deklarasi maupun kemudian yang tidak senang adanya deklarasi-deklarasi,” ungkap Sufmi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Sufmi menekankan lebih bijak apabila setiap tokoh politik bersama-sama membantu menyukseskan program pemerintah dalam mengedukasi masyarakat tentang penanganan pandemi covid-19. Keterlibatan dari semua pihak sangat diperlukan untuk mengatasi pandemi covid-19.

“Kita semua bisa saling bahu-membahu membantu, kita belum tahu pandemi covid-19 ini sampai kapan, tapi perlu kita sama-sama turun tangan bekerja sama untuk mengedukasi masyarakat soal pandemi covid-19 ini,” tandas Sufmi.

Sebelumnya, pada Rabu (30/9), acara tabur bunga yang dilakukan Gatot dan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata diprotes para pengunjuk rasa. Rombongan Gatot sempat tertahan ketika ingin masuk ke TMP Kalibata. Mereka akhirnya bisa masuk bergantian secara berkelompok.

Kemarin, acara menziarahi makam pahlawan di TMP Kalibata berlanjut dari keluarga besar TNI dipimpin Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Panglima didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-75 TNI yang puncaknya akan diselenggarakan pada 5 Oktober 2020 itu berlangsung pukul 07.50 WIB.

Sebelum menabur bunga, Hadi Tjahjanto memimpin upacara penghormatan kepada para pahlawan dan diakhiri mengheningkan cipta. Selanjutnya, Hadi Tjahjanto bersama ketiga kepala staf melakukan tabur bunga dan peletakan karangan bunga di makam mantan Presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, dan makam pahlawan revolusi, serta pahlawan nasional lainnya. (Uta/Cah/P-2)

BERITA TERKAIT