03 October 2020, 06:12 WIB

City akan Jamu Leeds, Guardiola Sanjung Bielsa


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

MANAJER Manchester City Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih sepak bola tersukses sepanjang masa. Namun, ketika menyangkut pengetahuan soal sepak bola, Guardiola mengaku tertinggal jauh dari manajer Leeds United Marcelo Bielsa.

Meski pelatih asal Argentina itu belum menikmati kesuksesan seperti yang dialami Guardiola, pelatih Manchester City itu, Jumat (2/10), mengatakan bahwa Bielsa, yang timnya akan menjamu the Citizen dalam pertandingan Liga Primer Inggris, Sabtu (3/10), adalah orang yang paling dia kagumi di dunia sepak bola.

Bielsa telah mengubah budaya dan gaya bermain Leeds sehingga meraih promosi ke Liga Primer Inggris setelah absen selama 16 tahun dengan memenangi Divisi Championship, musim lalu.

Baca juga: The Blues Mencoba Bangkit

Guardiola mengakui bahwa Johan Cruyff adalah mentornya yang paling berpengaruh setelah bekerja selama empat tahun bersama pelatih legendaris Barcelona itu. Tetapi, dia adalah salah satu dari banyak pelatih yang mengaku terinspirasi oleh Bielsa.

"Adalah hadiah baik, anugerah baik bisa memiliki dia di Liga Primer Inggris," kata Guardiola kepada wartawan.

"Saya kira, dia (Bielsa) mungkin orang yang paling saya kagumi dalam sepak bola dunia sebagai manajer dan sebagai pribadi. Saya pikir dia adalah manajer paling otentik sepanjang waktu dalam hal bagaimana dia menangani timnya. Dia itu unik."

"Terutama perilaku dia sebagai orang di luar lapangan. Teori saya adalah manajer bukan soal gelar karena saya merasa jauh sekali dari
pengetahuan dia. Tim saya memenangi gelar yang lebih banyak daripada timnya, tetapi dalam soal pengetahuan sepak bola, saya saya tertinggal dari dia," lanjutnya

Leeds kalah 3-4 melawan juara bertahan Liverpool dalam pertandingan pembuka mereka. Tetapi, sejak saat itu. Leeds menang dua kali dengan gaya sepak bola menyerang yang atraktif untuk naik ke urutan ketujuh, tiga poin di atas City yang menyimpan satu laga lebih banyak.

"Mereka melakukan apa yang harus mereka lakukan. Mereka satu tim, berjuang satu sama lain, banyak bersama di sekitar kotak," ungkap Guardiola.

"Saya pernah tiga kali bertanding melawan Marcelo di (Athletic) Bilbao dan setiap pertandingan sulit sekali," sambungnya.

Guardiola memastikan striker Gabriel Jesus yang cedera tidak akan siap sampai jeda internasional usai, sedangkan gelandang Ilkay Gundogan kembali berlatih setelah bulan lalu dinyatakan positif covid-19. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT