03 October 2020, 00:55 WIB

Messi dan CR-7 Berseteru Lagi


Akmal Fauzi | Sepak Bola

LIONEL Messi dan Cristiano Ronaldo bakal kembali terlibat persaingan langsung di lapangan hijau musim ini pada ajang Liga Champions Eropa.

Itu terjadi setelah Barcelona dan Juventus berada satu grup dari hasil undian yang dilangsungkan, Kamis (1/10) malam. La Pulga sebutan Messi  dan CR-7, julukan Ronaldo  terus bersaing di ajang La Liga ketika bintang asal Portugal itu masih membela Real Madrid.

Dua bintang lapangan hijau itu mendominasi gelar pemain terbaik dunia dengan meraup 11 dari 12 pemenang terakhir trofi Ballons d’Or. Messi memenangi enam kali, sedangkan CR-7 mengoleksi lima trofi .

Di kancah kompetisi terelite Benua Biru, Messi dan Ronaldo juga merupakan dua pemain tersubur sepanjang sejarah. Ronaldo telah mengoleksi 126 gol, diikuti Messi dengan 110 gol.

Dua tim besar Eropa itu berada di Grup G bersama Dynamo Kiev Ukraina dan Ferencvaros Hongaria--kembali bersaing di penyisihan grup Liga Champions setelah menunggu selama 25 tahun.

“Pertandingan melawan Barcelona bakal menjadi tantangan besar dan akan menarik sebab ada yang saling beradu, yang dalam pemikiran saya, masih merupakan dua pemain terbaik dunia,” tutur Wakil Presiden Juventus Pavel Nedved, yang semasa aktif merumput merupakan salah satu gelandang terbaik dunia.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman tak mau banyak bicara ihwal duel tersebut. Ia menyebut Juventus akan menjadi tim yang paling kuat di grup tersebut dan berharap Barcelona bisa lolos ke babak berikutnya. 

“Kami tahu Juventus ialah salah satu tim yang lebih kuat di grup. Kami berharap bisa lolos ke babak berikutnya di kompetisi ini. Kami harus lolos,” kata Koeman.

Hasil undian juga mendudukan juara bertahan Bayern Muenchen bersaing dengan Atletico Madrid, Salzburg Austria, serta Lokomotiv Moscow di Grup A. 

“Tekanan langsung terasa di Liga Champions ketika berposisi sebagai juara bertahan,” ungkap penyerang Muenchen, Thomas Mueller.

Finalis yang dikalahkan Muenchen, Paris Saint-Germain berada di Grup H menghadapi tantangan dari Manchester United, RB Leipzig, dan Istanbul Basaksehir.


Koeman bangga

Dari kancah La Liga Spanyol, Barcelona unggul tiga gol tanpa balas atas Celta Vigo, dini hari WIB kemarin. 

Arsitek Barca Ronald Koeman patut berbangga karena kemenangan itu didapat kendati anak asuhnya bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-42 setelah Clement Lenglet mendapat kartu kuning kedua.

Bintang muda Ansu Fati unjuk gigi dengan membuka keunggulan di menit ke-11. Barca menambah keunggulan setelah Lucas Olaza mencetak gol bunuh diri di menit ke-51, sedangkan gol penutup dilesakkan Sergi Roberto di penghujung laga.

“Kami menang meski dengan kekurangan satu pemain. Kami telah melakukan pekerjaan bagus,” ujar Koeman.

Dari Piala Liga Inggris, Liverpool yang menurunkan mayoritas pemain muda, tersisih setelah kalah 4-5 dari Arsenal lewat adu penalti. Selanjutnya, Arsenal jumpa Manchester City di babak 8 besar. (AFP/Marca/R-2)

BERITA TERKAIT