02 October 2020, 22:08 WIB

International Coffee Day, Upaya Mengglobalkan Kopi Indonesia


Gana Buana | Humaniora

PERINGATAN Internasional Coffee Day (ICD) pada Kamis (1/10) diperingati secara virtual. Provinsi Bengkulu didaulat menjadi tuan rumah ICD.

Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan PLT Gubernur Bengkulu Dedi Ermansyah, Bencoolen Coffee bersama PT CGI (Cybers global Indonesia). Peserta acara ini berasal dari Dalam dan Luar negeri baik India, China, Korea, timur tengah dan banyak negara lain secara virtual.

Ketua panitia peringatan ICD Dedi Yudianto mengatakan, peringatan ICD yang berlangsung secara virtual ini tidak mengurangi makna peringatan tersebut. Bahkan, semua kegiatan bisa dilakukan, termasuk trading B to B melalui website khusus kopi indonesia dalam menyambut hari international coffee 2020.

"Bengkulu ditunjuk Kementerian Perindustrian pada 2019 kemarin. Acara ini sempat batal, namun Pemprov bekerjasama dengan Bencoolen Coffee bersama PT CGI (Cybers Global Indonesia) berinisiasi tetap jalankan peringatan Internasional Coffee Days namun dilakukan secara virtual karena peringatan ini di tengah pandemi covid-19," ungkap Dedi dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (2/10).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, meski di tengah pandemi kegiatan internasional coffee days ini merupakan momen penting untuk bisa memperkenalkan kopi Indonesia ke mata dunia. Dirinya mengapresiasi Gubernur Bengkulu Rohidin mersyah yang telah memberikan gagasan dalam kegiatan yang dilakukan secara virtual ditengah pandemi covid-19.

Baca juga : Kembangkan Kopi Nasional, Dekopi Kolaborasi Bersama Kementan

"Kita berikan apresiasi yang tinggi pada Bengkulu yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan ini pertama kalinya dilakukan secara virtual, harapan kita kegiatan ini mampu ikut mendorong produksi kopi kita sehingga juga dapat mengangkat ekonomi para petani kopi," kata Agus.

Agus mengatakan meski di tengah pandemi bukan menjadi halangan untuk tetap berusaha terutama buat kesejahteraan para petani. Apalagi Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, bahkan Bengkulu merupakan penghasil Kopi ketiga terbesar di Nusantara.

"Selamat hari kopi dunia, mari kita bangkitkan produksi kopi kita demi kesejahteraan bersama,"kata dia.

Sementara itu Plt Gubernur Benglulu Dedy Ermansyah menjelaskan, saat ini Bengkulu tengah menggiatkan produksi kopi dengan kwalitas terbaik agar kopi Bengkulu mudah dikenal dunia karena.memiliki keunikan rasa tersendiri, acara ICD ini merupakan ajang memperkenalkan kopi Bengkulu ke tingkat nasional dan internasional, acara ini akan berlangsung selama 4 hari, mulai 1 hingga 4 Oktober 2020 mendatang.

"Agar mendukung program cinta kopi tanah air, kita telah membuat program satu desa satu warkop untuk seluruh desa yang ada di provinsi Bengkulu, agar siapapun yang datang ke Bengkulu akan dapat menikmati kopi diseluruh pelosok dengan rasa dan seduhan yang sama," tandas dia. (OL-7)

BERITA TERKAIT