02 October 2020, 20:35 WIB

Uji Coba KRL Prameks Ditargetkan Awal November


Ardi T Hardi | Nusantara

DIREKTUR Utama PT.KAI Commuter Wiwik Widayanti menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyiapkan berbagai infrastruktur agar kereta komuter Prambanan Ekspres (Prameks) bisa seperti Kereta Rel Listrik (KRL) di wilayah Daop 1. Uji coba KRL rencananya akan dilaksanakan pada akhir Oktober atau awal November 2020.

"Prameks yang saat ini menggunakan KRD (Kereta Rel Diesel) nantinya akan menggunakan KRL aliran atas," jelas dia kepada para wartawan di Yogyakarta, Jumat (2/10).

Ia menjelaskan sarana dan prasarana KRL saat ini sudah terpasang dari Jogja sampai Klaten. Sebelum akhir 2020, lanjut dia, sarana prasarana KRL ditargetkan sudah terpasang hingga Solo.

"Pada akhir Oktober atau November awal, kita rencananya akan menguji coba KRL Jogja-Klaten. Pada Desember, kita akan uji coba KRL Jogja-Solo," lanjut dia. Menurut rencana, KRL tidak hanya Solo-Jogja, tetapi Solo hingga Kutoarjo.

PT KCI mulai 1 Oktober 2020 telah mengelola KA Komuter di Daop 6, yaitu KA Prameks. Beberapa peningkatan pelayanan yang akan dilakukan, kata dia, antara lain, KRD akan diganti dengan KRL buatan PT INKA.

Tiket Prameks nantinya akan menggunakan transaksi elektronik, seperti pada KRL di Daop 1. Di KRL juga tidak akan ada toilet, tetapi di setiap stasiun pemberhentian akan dibangunkan fasilitas toilet umum.

"Di KRL juga tidak boleh makan dan minum. Nanti, akan ada yang memberitahu larangan makan-minun di KRL secara rutin," lanjut dia. Kecepatan KA Prameks pun rencananya akan ditambah, yaitu dari maksimal 80 km perjam menjadi 90
km/jam. (OL-13)

Baca Juga: Piaggio Rilis Dua Model Vespa Edisi Racing Sixties

BERITA TERKAIT