02 October 2020, 15:15 WIB

Bangkitkan UMKM, Pemkot Denpasar Gelar Denfest ke-13


Mediaindonesia.com | Nusantara

SALAH satu pihak yang paling terpukul akibat pandemi covid-19 adalah para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Itu sebabnya pemerintah terus berusaha membangkitkan sektor UMKM.

Salah satu daerah yang para pelaku UMKM-nya merasakan betulnya getirnya pandemi adalah Bali. Apalagi Pulau Dewati terkenal sebagai daerah mengandalkan pariwisata. Sudah tentu banyak pelaku UMKM di daerah tersebut.

Baca juga: UMKM Punya Peran Atasi Potensi Krisis di Tengah Pandemi

Untuk mendorong bangkitnya kembali UMKM, pemerintah setempat menggelar Festival Denpasar (Denfest) ke-13 resmi.  Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara yang dibuka pada Jumat (2/10) itu dilaksanakan secara daring.

"Denfest tahun ini memang dikemas berbeda, dengan tujuan untuk mendukung percepatan penanganan covid-19 di Kota Denpasar," ujar Ketua Harian Bekraf (Badan ekonomi kreatif) Kota Denpasar, I Putu ‘Lengkong’ Yuliarta.

Selain itu, kata Yuliarta, penyelenggaraan acara tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk memulihkan perekonomian di Kota Denpasar.  Ajang tahunan yang akan digelar selama tiga bulan penuh itu melibatkan ratusan komunitas dan memperlihatkan beragam hiburan dari tradisi, modern dan kontemporer.

“Ini mungkin dapat dikatakan sebagai festival daring terbesar dan terpanjang di Indonesia. Ada 189 mata acara dengan menggandeng 407 komunitas kreatif,” ujarnya.

Yuliarta juga mengatakan, penerapan protokol kesehatan tetap menjadi yang utama, sehingga pelaksanaan pembukaan dihadiri undangan secara terbatas. Undangan lainnya dapat menyaksikan jalanya pembukaan secara daring.

"Kembali lagi protokol kesehatan menjadi penglima utama pelaksanaannya. Sehingga masyarakat dapat tetap produktif dan aman di masa covid-19 ini, dan perekonomian dapat kembali tumbuh," jelasnya.

Denfest kali ini turut menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari Food Festival, Craft, Fashion  dan Exhibition, Virtual Fashion Show, Film Mebarung, Kompetisi Kreatif Piala Walikota, Visualisasi Puisi, Drama Satu Babak, Lomba Esai Foto Denfest 2020, Lomba Sketsa Denfest 2020, Lomba Ogoh-ogoh Virtual, Mendongeng, Late Art Competition, Music Battle, Workshop Fotografi, Workshop Keramik dan Workshop F & B.

“Tentunya kami mengundang dan berharap dukungan seluruh masyarakat untuk menghadiri pembukaan Denfest ke-13 secara virtual serta mensukseskan pelaksanan Denfest 2020 ini sebagai wadah kreatifitas, akselerasi serta mendukung perputaran perekonomian untuk membangkitkan geliat sektor UMKM di Kota Denpasar, terlebih di masa pandemi covid-19 saat ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya. (Ant/A-1)

BERITA TERKAIT