02 October 2020, 14:15 WIB

Dua Madrasah Aliyah Negeri Masuk Semifinal Olimpiade APBN 2020


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

 

MAN Insan Cendekia (IC) Tanah Laut Kalimantan Selatan akan mewakili madrasah untuk regional III pada Semifinal Olimpiade APBN, yakni kompetisi berskala nasional untuk mengasah kemampuan dalam bidang pengelolaan keuangan negara yang diselenggarakan Kementerian Keuangan.

Perlombaan yang diikuti pelajar dari SMA/MA/SMK/Sederajat atau Program Paket C se-Indonesia. Ada empat regional yang masing-masing diwakili tiga tim. Sehingga, ada 12 tim terbaik yang akan berlomba pada Semifinal Olimpiade APBN 2020.

Selain MAN Insan Cendikia, ada juga MAN Insan Cendikia Kota Batam akan menjadi salah satu wakil untuk regional I yang masuk ke semifinal.

Ajang ini dikemas dalam berbagai rangkaian lomba yang mengadu pengetahuan, isu terkini, dan segala hal yang berkaitan dengan APBN. Lomba ini bertujuan mengenalkan APBN di kalangan remaja, terkhusus pelajar SMA/MA/SMK/Sederajat. Selain itu, lomba ini juga bertujuan melatih dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan siswa sekolah menengah atas dalam teori dan aplikasi melalui kecepatan dan ketepatan peserta dalam mengerjakan soal ataupun kasus mengenai APBN.

Semifinal Olimpiade APBN berlangsung hari ini, Jumat (2/10) di Jakarta. Tim MAN IC Tanah Laut terdiri atas Syalsabila Matiq, Ahmad Najib, dan M. Dzakiyyudin Ar Ridha.

Ahmad Najib menerangkan bahwa ia dan rekan satu timnya telah melalui beberapa tahapan sebelum berhasil memasuki tahapan semifinal. Tahapan seleksi dimulai dari tahap online 1 untuk memilih 25 tim terbaik dari setiap regional. Mereka lalu berkompetisi pada tahap online 2 hingga terpilih 3 tim terbaik dari setiap regional yang masuk ke babak semifinal di Jakarta.

“Alhamdulillah berkat kerjasama tim serta usaha dan doa semua, kami dapat melaju ke tahap semifinal bersama tim-tim terbaik lainnya,” jelas Najib di Jakarta, Jumat (02/10).

Ia melanjutkan, dirinya sempat tidak menyangka karena pada seleksi tahap 1 berada di posisi 25, posisi terakhir. Tetapi ia berhasil menyusu keadaan dengan di seleksi tahap 2 yang berhasil melaju di posisi pertama. Ia pun siap mewakili regional 3 di semifinal.

Dibimbing Guru Mata Pelajaran Ekonomi MAN ICT, Anisaurrohmah, mereka berhasil memberikan usaha terbaik dengan menyisihkan 3.300 tim yang terdiri dari pelajar SMA/MA/SMK/Sederajat se Indonesia pada tahap online 1. “Ini adalah pertama kalinya kami mengikuti ajang bergengsi dari kementerian keuangan. Dengan kerja keras dan kekompakan tim yang luar biasa, alhamdulillah sampai ke babak semifinal,” ujar Anis.

Kepala MAN ICT Hilal Najmi bersyukur dan mengapresiasi guru pembimbing, orang tua, dan siswa yang terus berusaha mengukir prestasi. Meski di tengah pandemi, mereka tetap bersemangat.

“Semoga mereka diberikan kesehatan dan dapat menyelesaikan dengan baik olimpiade ini sehingga meraih juara 1 untuk mereka dan madrasah tercinta,” pungkas Hilal. (OL-13)

Baca Juga: Siswa MAN IC Raih Perunggu di Olimpiade Matematika Internasional

BERITA TERKAIT