02 October 2020, 13:49 WIB

Kalbe Farma Pasarkan Obat Covid-19 Remdesivir


Insi Nantika Jelita | Humaniora

PERUSAHAAN farmasi asal India PT Amarox Global Pharma berkolaborasi dengan Kalbe meluncurkan obat antivirus Covifor (Remdesivir) untuk pengobatan covid-19 di Indonesia. Harga pasaran obat tersebut dipatok Rp3 juta per dosis.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius saat konferensi pers secara virtual pada Kamis (1/10). "Terkait harga, saat ini (dijual) sekitar Rp3 juta," kata Vidjongtius.

Dilansir dari website resmi PT Kalbe Farma, Hetero’s Amarox Global Pharma merupakan perusahaan pertama yang menerima persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) untuk Remdesivir dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM). Kerja sama tersebut diharapkan mempercepat akses dan ketersediaan obat yang lebih luas untuk pasien covid-19 di seluruh Indonesia.

Emergency Use Authorization (EUA) produk Remdesivir untuk pengobatan pasien penyakit Covid-19 yang telah terkonfirmasi oleh laboratorium, terutama orang dewasa atau remaja (berusia 12 tahun ke atas dengan berat badan minimal 40 kg) yang dirawat di rumah sakit dengan kondisi yang parah.

Produk Covifor (Remdesivir) Injection diproduksi di fasilitas produksi Hetero yang modern di Hyderabad, India. Obat itu disebutkan telah memenuhi standar yang telah disetujui otoritas regulasi global yang ketat seperti USFDA dan EU.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyiapkan dua puskesmas yang akan menjadi tempat simulasi pengadaan vaksin covid-19. Dua tempat tersebut ialah Puskesmas Abiansemal Kabupaten Badung, Denpasar, serta Puskesmas Tanah Sereal Kota Bogor, Jawa Barat. (OL-14)

BERITA TERKAIT