02 October 2020, 13:06 WIB

Kapal Penyeberangan Garda Maritim 3 Mulai Beroperasi di NTT


Palce Amalo | Nusantara

SATU kapal ro-ro milik PT Multi Guna (MG) Maritim mulai beroperasi di  Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (2/10). Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Garda Maritim 3 ini diluncurkan oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Pelabuhan Penyeberangan Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang sekitar pukul 15.00 Wita.

Kapal melayari rute Kupang-Rote pulang-pergi sejauh 40 mil dengan lama pelayaran tiga jam. Kapal tersebut bagian dari dua kapal milik Multi Guna Maritim yang beroperasi di NTT. Satu kapal lagi masih dalam pembangunan dan baru akan rampung pada kuartal kedua 2021.

Ketua DPW Garda Pemuda NasDem NTT Bobby Pitoby mengatakan acara peluncuran kapal bertema 'Penyerahan KMP Garda Maritim 3 untuk NTT' dilakukan di atas kapal tersebut sekitar pukul 15.00 Wita. 

"Peluncuran kapal ini sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung program tol laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Bobby mengatakan kapal 994 GT tersebut diluncurkan sejak April 2020, mampu mengangkut 300 penumpang, 39 mobil dan 21 kru, melaju dengan  kecepatan normal 9 knot per jam.

Kapal modern ini telah dilengkapi dengan fasilitas nyaman seperti kamar penumpang VIP dengan tempat tidur, area penumpang indoor ber-AC yang menayangan film box office sepanjang perjalanan, area penumpang outdoor dengan kantin, ruang ibu menyusui, ruang ibadah, ruang klinik kesehatan, dan toilet yang bersih.

"Salah satu keunggulan KMP Garda Maritim 3 yaitu tinggi car deck kapal yang didesain mencapai 4,5 meter, sehingga KMP Garda Maritim 3 mampu mengangkut semua jenis kendaraan roda 4, termasuk truk besar dan  tronton," ujarnya.

Kapal dibekali dengan mesin mutakhir berkekuatan 2000 tenaga kuda buatan Mitsubishi Jepang. Dengan diresmikannya KMP Garda Maritim 3 ini, MG Maritim bertekad agar kapal tersebut dapat membantu kelancaran perputaran perekonomian antar pulau di wilayah NTT. Salah satunya yaitu dengan mengangkat standar fasilitas dan layanan penumpang penyebrangan.

baca juga: TMC Tahap Ketiga di Riau Berhasil Kurangi Karhutla

Selain itu, penambahan armada kapal penyebrangan juga diharapkan dapat  menekan disparitas harga pada wilayah Indonesia timur sebagai tujuan awal daripada program Tol Laut tersebut. Dengan semangat ini, MG Maritim terus mempersiapkan armada kapal baru untuk menunjang kebutuhan penyeberangan di seluruh Indonesia. (OL-3)

BERITA TERKAIT