02 October 2020, 11:02 WIB

Setelah Landai, Kini Klaten Tambah 5 Pasien Covid-19


Djoko Sardjono | Nusantara

SEBARAN virus korona (covid-19) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, lima orang terkonfirmasi positif dan lima pasien dinyatakan sembuh, Kamis (1/10). Sehingga, jumlah akumulatif pasien positif menjadi 642 orang, 546 di antaranya sembuh, 75 dirawat di rumah sakit/isolasi mandiri, dan 21 orang meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Cahyono Widodo, menyebut penambahan lima orang terkonfirmasi positif berasal dari Kecamatan Jatinom, Karangdowo, Cawas, dan Delanggu. Sedangkan lima pasien sembuh dari Kecamatan Wonosari, Tulung, Trucuk, Klaten Tengah, dan Jogonalan.

Penambahan lima orang terkonfirmasi positif, menurut Cahyono Widodo, dua di antara  kontak erat kasus positif covid-19 dan tiga lainnya terpapar saat berada di luar daerah. Saat ini, empat orang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Dan satu orang dirawat intensif di rumah sakit.

"Kemudian, lima orang pasien positif yang sembuh sebelumnya menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis. Meskipun sudah dinyatakan sembuh, mereka tetap harus melakukan isolasi lanjutan di rumah minimal  selama tujuh hari," imbuh Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

baca juga: Pemprov Jabar Kirim 10 Ribu Alat Rapid Test Untuk Ponpes

Hingga saat ini, sebaran covid-19 belum mereda. Karena itu Cahyono Widodo mengimbau agar masyarakat tetap disiplin mematuhi kebijakan protokol kesehatan. Jika melakukan aktivitas di luar rumah menggunakan  masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun, hindari kerumunan, serta terapkan pola hidup bersih dan sehat. (OL-3)

BERITA TERKAIT