02 October 2020, 10:01 WIB

Nuansa Keberagaman Warnai Pilkada Tanah Bumbu


Denny Susanto | Nusantara

NUANSA keberagaman tercermin dalam Pilkada di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Seperti dilakukan oleh pasangan Syafruddin-Alpiya (SHM-MAR) berkomitmen menjaga persatuan dan keberagaman di tengah masyarakat dalam bingkai NKRI. Komitmen ini ditunjukkan oleh calon wakil bupati Tanah Bumbu, M Alpiya Rakhman yang menyempatkan bersilaturahim di Pura Agung Wanahita Desa Wonorejo, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (2/10). 

"Kita datang menghadiri acara peringatan berdirinya Pura Agung Wanahita, sekaligus untuk menyapa saudara saudari kita di sini," ungkap Alpiya.

Dikatakan Alpiya  masyarakat Tanah Bumbu patut berbangga diri karena hidup rukun dan damai dalam keberagaman. 

"Keberagaman agama, suku, budaya adat dan tradisi harus dilestarikan dan kita jaga dalam bingkai keharmonisan NKRI," tambahnya.

Made Karta, tokoh masyarakat Desa Wonorejo menjelaskan Puja Wali adalah acara peringatan berdirinya Pura. Acara berupa persembahan tari-tarian, sembahyang dan doa-doa yang berlangsung selama beberapa hari.

baca juga: Bawaslu Bubarkan Kampanye di Jatim dan Jateng

Selain itu Alpiya juga bertemu dengan masyarakat dan kelompok gamelan Reog Ponorogo Kesenian Khas Jawa Timuran, Sari Ayum Turongho Sito yang ada di desa Tegal Sari, Kecamatan Satui. Kehadiran Alpiya ke berbagai kelompok masyarakat ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kampanye Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu. Pasangan SHM-MAR, dua pasangan lain peserta Pilkada Tanah Bumbu Zairullah-M Rusli serta Mila Karmila-Zainal Arifin juga melakukan kampanye terbuka. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT