02 October 2020, 07:42 WIB

Situasi Covid-19 di Quebec Kritis


Haufan Hasyim Salengke, Faustinus Nua | Internasional

GELOMBANG kedua covid-19 di Kanada sedang dalam jalur untuk melampaui jumlah rata-rata kasus harian baru dari puncak wabah Mei. Situasi di Provinsi Quebec, yang paling terpukul, mencapai titik kritis. Hal itu diungkapkan pihak berwenang Kanada, Kamis (1/10).

"Situasinya kritis di Quebec," ujar Menteri Utama provinsi itu, Francois Legault, saat melaporkan 16 kematian baru dalam beberapa hari terakhir, angka yang tidak tertandingi sejak akhir gelombang pertama epidemi pada akhir Juni.

"Dibandingkan pertengahan Agustus, kami beralih dari 50 kasus baru per hari menjadi 900 per hari, dari 100 rawat inap menjadi 275," ungkapnya tentang provinsi yang berpenduduk 8 juta jiwa itu.

Baca juga: Institut Pasteur Klaim Temukan Khasiat Obat Lama Untuk Covid-19

Di seluruh Kanada, negara berpenduduk 38 juta jiwa, jumlah kasus harian terus meningkat menjadi rata-rata 1.572 selama seminggu terakhir, kata kepala petugas kesehatan masyarakat Theresa Tam, dibandingkan dengan rata-rata tujuh hari puncak 1.797 kasus harian pada awal Mei.

Sekitar 80% kasus tersebut telah dilaporkan di Quebec dan Ontario, katanya, mencatat peningkatan juga dalam rawat inap.

Ontario, dengan populasi hampir 15 juta jiwa, melaporkan 538 kasus baru dan tiga kematian baru pada Kamis.

"Data pemodelan kemarin adalah peringatan," kata Menteri Utama Ontario Doug Ford, memperkirakan kasus baru setiap hari di Oktober akan mencapai 1.000.

Quebec telah memberlakukan kembali pembatasan untuk membatasi penyebaran covid-19 di Montreal dan Quebec City.

Bar, restoran, ruang konser, bioskop, dan perpustakaan diperintahkan tutup hingga akhir Oktober. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT