02 October 2020, 05:55 WIB

Warga DKI Diminta tidak Khawatir Soal Ketersediaan Makam Covid-19


Basuki Eka Purnama | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga Ibu Kota tidak mengkhawatirkan ketersediaan lahan makam untuk pasien covid-19.

Menurut dia, pemerintah daerah akan tetap menyediakan lahan makam baru, meski dirinya tidak berharap ada warga yang meninggal dunia akibat covid-19.

"Soal makam, kami punya dua titik sebelumnya, di TPU Tegal Alur (Jakarta Barat) dan TPU Pondok Ranggon (Jakarta Timur). Seiring dengan
penambahan jumlah yang meninggal, ruang tempat pemakaman makin menipis dan kami sudah menyiapkan tempat lain sebagai alternatif," kata pria yang akrab disapa Ariza itu di Jakarta, Kamis (1/10).

Baca juga: Rumah OTG yang Isolasi Mandiri akan Ditempeli Stiker

Ariza menyebut, saat ini, pemerintah daerah telah menyiapkan lahan TPU baru di Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Lahan yang disediakan DKI itu, kata dia, mencapai dua hektare yang bisa menampung 6.000 bidang makam baru.

"Itu kami siapkan. Nanti, kami lihat lagi prosesnya. Kalau nanti dirasa sudah kurang, akan kami siapkan lagi di tempat lainnya. Prinsipnya (warga) tidak perlu khawatir, tidak perlu takut. Pemprov DKI akan memberikan pelayanan fasilitas terbaik sesuai kemampuan kami dan juga atas dukungan pemerintah pusat," ujar politisi Partai Gerindra itu.

Dalam kesempatan itu, Ariza menyatakan bakal mengecek kabar mengenai sisa bidang makam di TPU Pondok Ranggon sekitar 700 unit.

Namun, dia menjamin pemerintah daerah terus menyiapkan kebutuhan lahan makam untuk melayani warga.

"Setiap hari ada penambahan (pasien meninggal). Kami sudah ada perkiraannya dan kami sudah siapkan titiknya untuk saat ini di TPU Pondok Ranggon dan Tegal Alur. Kemudian di Rorotan masih dalam persiapan," pungkasnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT