02 October 2020, 04:30 WIB

Menyiapkan Wisata Premium Labuan Bajo


JL/Ant/N-2 | Nusantara

PRESIDEN Joko Widodo kembali berkunjung ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, kemarin. Perhatian Kepala Negara sangat besar terhadap wilayah ini setelah menggaungkannya sebagai kawasan pariwisata super premium pada 2019 lalu.

Tiba di Kampung Ujung, Labuan Bajo, Jokowi melihat perkembangan pembangunan sejumlah prasarana, di antaranya penataan kawasan melalui pembangunan dan penataan jalan, pedestrian, tepi pantai, serta drainase pendukung.

Ia meminta penataan di kawasan wisata ini disesuaikan dengan kondisi alamnya sehingga terlihat natural bagi wisatawan yang akan berkunjung. “Kita semua ingin kawasan ini betul-betul memang premium.”

Penataan kawasan ini, lanjutnya, dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dipastikan tuntas akhir tahun, dan tahap kedua dikelarkan pada 2021.

Presiden juga mendatangi Puncak Waringan, lokasi kuliner Kampung Ujung dan dermaga kontainer bertaraf internasional di Mejerite. Sejumlah penataan kawasan wisata yang dijabarkan Presiden mencakup Gua Batu Cermin, Kawasan Puncak Waringin, kawasan Kampung Ujung hingga Marina, pemindahan pelabuhan ke wilayah Wae Kelambu, serta penataan Pulau Rinca, yang merupakan habitat komodo.

“Kita tata trotoar. Pelabuhan lama semuanya dirombak, kita pindah ke pelabuhan yang baru di Wae Kelambu,” lanjutnya.

Dari Kampung Ujung, Presiden melihat kawasan dan sarana gedung di Batu Cermin yang berjarak 5,3 kilometer. Kegiatan penataan di lokasi ini telah dimulai pada 16 Maret lalu. Sampai kemarin, perkembangan pembangunannya telah mencapai 47%.

“Di sini memang dibangun di titik-titik kawasan yang telah ditentukan, seperti yang telah direncanakan tahun lalu. Pembangunan sudah dimulai, seperti yang kita lihat kawasan Batu Cermin,” lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Kunjungan juga berlanjut ke terminal multifungsi Wae Kelambu. Lokasi ini akan digunakan untuk mendukung aktivitas bongkar muat peti kemas. Presiden yang didam­pingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Viktor Laiskodat juga bertemu warga untuk menyerahkan bantuan modal kerja pelaku usaha mikro dan kecil.

Kepada warga, Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, dua periode itu menyuntikkan semangat untuk bekerja lebih keras di masa pandemi. “Setiap saya berkunjung, saya me­ngumpulkan usaha-usaha kecil, usaha mikro, seperti sekarang ini. Keadaannya sama, tapi kita tidak boleh mengeluh, tidak boleh menyerah.” (JL/Ant/N-2)

BERITA TERKAIT