01 October 2020, 23:02 WIB

Edufair, Ajang Menentukan Fakultas dan Jurusan yang Tepat di PTN


mediaindonesia.com | Humaniora

UNTUK memberi informasi dan motivasi kepada orang tua murid dan peserta didik, SMAN 9 Jakarta kembali menggelar Edufair Part 3 secara virtual melalui webinar zoom dan Youtube, pada Kamis (1/10).

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta Rita Hastuti M.Pd mengatakan, Edufair Part 3 menampilkan banyak narasumber dari berbagai perguruan tinggi yang memberi informasi yang sebanyak mungkin berkaitan dengan jurusan yang akan peserta didik pilih.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang sudah meluangkan waktunya untuk berbagi informasi dan motivasinya. Juga terima kasih kepada orang tua yang  telah mengikuti kegiatan Edufair ini,”ujar Rita.

Kegiatan Edufair Part 3 menghadirkan perwakilan narasumber dari beberapa universitas terkemuka seperti ITS, UNAIR, ITB, UGM, UB, UNPAD, UNDIP, IPB, UNS dan UI yang beralngsung pada 1–10 Oktober 2020.

Pada sambutannya, Ketua Ikatan Alumni SMAN 8 (Smandel) Sigit Winarto mengatakan, Edufair 2020 ini merupakan salah satu cara yang terbaik untuk  meningkatkan kualitas lulusan dari Smandel.

“Persiapan lebih dini, pembekalan wawasan dan pengetahuan akan meningkatkan keyakinan para siswa dalam memilih perguruan tinggi negari (PTN), fakultas dan jurusan yang diminati serta diidam-idamkan saat berkuliah nanti,” kata Sigit.

Ia menambahkan kenapa SMAN 8 Jakarta tetap mempertahankan repuasinya sebagai sekolah unggulan, terkenal, dan kerap disebut ‘sekolahnya orang-orang pintar’.

“Reputasi ini tentu saja berasal dari perjalanan panjang, penuh dinamika serta buah kerja keras para kepala sekolah, para pendidik dan pengajar dan seluruh stake holder lainnya termasuk kegiatan Edufair yang rutin digelar,” jelas Sigit.

Salah satu narasumber Dr. Siti Machmudah, ST, M.Eng dari ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) berpesan kepada peserta didik agar mempersiapkan pilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal.

Sementara itu, Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Achmad Solihin menjelaskan dan memberikan informasi dan wawasan yang sangat dibutuhkan para orang tua maupun peserta didik yang ingin tembus ke PTN favorit. (RO/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT