02 October 2020, 00:10 WIB

Keberuntungan Die Roten


Akmal Fauzi | Sepak Bola

SEDIKIT keberuntungan yang berpihak kepada Bayern Muenchen membawa skuad asuhan Hansi Flick memenangi trofi kelima musim ini dengan menguasai Piala Super Jerman, dini hari WIB kemarin.

Juru taktik Hansi Flick mengakui Die Roten julukan Muenchen kesulitan saat melawan Borussia Dortmund di Allianz Arena, sebelum akhirnya menang dengan skor tipis 3-2. FC Hollywood sempat di atas angin dengan unggul dua gol melalui sumbangan Corentin Tolisso (18’) dan Thomas Mueller (32’). Di luar dugaan, Dortmund yang bermain tanpa penyerang bintang Jadon Sancho, mampu bangkit dan membalas.

Diawali kesalahan Benjamin Pavard yang kehilangan bola di menit ke-39, Julian Brandt mengakhiri serangan Dortmund dengan tembakan keras yang masuk gawang Manuel Neuer dan mengubah momentum pertandingan.

kedudukan seimbang di menit ke-55 ketika Erling Haaland mencatatkan nama di papan skor. Ketika pertandingan tampak akan berakhir seri, Muenchen membuktikan kualitas mereka. Delapan menit sebelum bubaran, Joshua Kimmich sukses merebut bola dari Delaney di tengah lapangan, bekerja sama dengan Lewandowski, sebelum menembak bola ke gawang. Hitz menahannya, tapi Kimmich sambil menjatuhkan diri menendang bola liar itu untuk menjebol gawang Dortmund. 

“Kami ingin memenangi laga, tetapi itu tidak semudah itu. Kami sudah memimpin 2-0 dan kemudian mempersulit diri kami sendiri,” kata Flick. 

“Namun, yang terpenting bagi saya adalah kami memenangi pertandingan dan segala sesuatu yang lain adalah sesuatu yang kami ingin lakukan lebih baik,” lanjutnya.

Ini merupakan trofi kelima Bayern di sepanjang tahun ini menyusul raihan treble di musim lalu, Bundesliga, DFBPokal, Liga Champions serta juga meraih Piala Super Eropa pada pekan lalu.

Kimmich lega mendapatkan tambahan trofi lagi. “Pada akhirnya kami memiliki trofi . Rasanya menyenangkan. Kami berjuang untuk Piala Super Jerman, kendati mungkin bukan dengan permainan terbaik kami,” jelasnya.


Pujian Solskjaer

Dari ajang Piala Liga Inggris, pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer memuji permainan Juan Mata saat membantu timnya menang telak 3-0 atas Brighton and Hove Albion di babak keempat Piala Liga Inggris di Stadium Amex, dini hari WIB kemarin.

‘Setan Merah’ melangkah ke perempat final lewat tiga gol kemenangan yang dilesakkan Scott McTominay pada menit ke-44, Juan Mata menit ke-73, dan aksi gelandang Prancis Paul Pogba menit ke-80.

“Penampilan luar biasa Juan Mata. Dia adalah orang yang menguasai bola dan sangat tenang. Saya tidak pernah terkejut saat dia bermain seperti ini,” kata Solskjaer, juru taktik asal Norwegia.

Juan Mata, kata dia, selalu tampil semaksimal mungkin ketika dipercaya turun ke atas lapangan. Ketenangan serta pengalaman sangat membantu dan menjadi penyemangat bagi pemain muda. 

Melaju pula ke delapan besar, Manchester City yang unggul 3-0 atas Burnley. Anak asuh Pep Guardiola unggul melalui gol dua Raheem Sterling, satu gol sumbangan Ferran Torres. (AFP/Goal/Skysports/R-2)
 

BERITA TERKAIT