01 October 2020, 22:11 WIB

KA Serayu Anjlok, Lalu Lintas Kereta Lintas Selatan Alami Gangguan


Kristiadi | Nusantara

KAMIS (1/10) malam, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung melakukan evakuasi (KA) Serayu tujuan Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto yang anjlok antara Stasiun Manonjaya dan Ciamis di Km 285 +0/1.    

"Kami telah mendapat laporan dari masinis KA 322 Serayu pagi pada pukul 17.25 WIB kereta tersebut mengalami anjlok pada roda lokomotif. KA penolong beserta petugas langsung menuju lokasi untuk segera melaksanakan evakuasi," katanya Manager Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Noxy Citrea.

Noxy mengatakan saat ini petugas sedang melakukan evakuasi dan fokus mengembalikan roda lokomotif ke jalur. Ia mengatakan anjloknya KA Serayu itu, membuat perjalanan kereta api yang terganggu antara lain KA Turangga, relasi Bandung-Surabaya Gubeng yang akan mengalami perubahan pola operasi ke lintas utara menuju Cikampek, Cirebon, Purwokerto, Kroya, dan kemudian kembali ke lintas selatan menuju Surabaya Gubeng.

Menurutnya, sekarang ini KAI fokus dalam melakukan evakuasi agar jalur tersebut dapat segera kembali dilalui secara normal namun bagi para penumpang yang berada di dalam Kereta Api akan dievakuasi menggunakan 2 unit bus bantuan dari stasiun sesuai dengan tujuannya masing-masing.

"Kami sudah menyiapkan dua unit bus dan nantinya penumpang KA tersebut dialihkannya dan mereka akan diantar sesuai tujuan agar tidak menunggu lama dalam proses evakuasi itu. Saya, meminta maaf atas ketidaknyaman yang pelanggan rasakan atas kejadian dan kami akan berupaya sebaik mungkin supaya perjalanan kereta api dapat kembali normal," paparnya.

Saat kejadian, KA Serayu membawa 6 rangkaian termasuk kelas ekonomi. Dalam peristiwa itu, semua penumpang dalam kondisi selamat. "Kami menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA Serayu ini," jelas Noxy. (R-1)

BERITA TERKAIT