01 October 2020, 20:40 WIB

Sumbar Peringati Hari Jadi ke-75


Yose Hendra | Nusantara

SESUAI dengan Perda Provinsi Sumatra Barat Nomor 4 Tahun 2019, 1 Oktober 1945 ditetapkan sebagai hari jadi Sumatra Barat. Jadi, hari ini merupakan hari jadi Sumatra Barat ke-75 yang bertepatan dengan kondisi pandemi covid-19.

"Oleh sebab itu kepada semua pemangku kepentingan daerah agar dapat menyosialisasikan dan memasyarakatkan hari jadi ini kepada seluruh elemen masyarakat. Dengan demikian, timbul rasa memiliki dan rasa kebanggaan terhadap Provinsi Sumatra Barat yang kita cintai dan dibanggakan," kata Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sumatra Barat, acara Peringatan Hari Jadi Sumatra Barat Ke-75, di ruang sidang utama DPRD Sumbar, Kamis (1/10).

Pada kesempatan itu juga hadir mantan Gubernur Sumbar sekaligus mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, tokoh masyarakat Sumbar, dan sejarawan Minangkabau dari UNP, Yulizal Yunus.

Irwan Prayitno mengatakan peringatan hari jadi pada setiap 1 Oktober baru dua kali dirayakan. "Mari kita wujudkan madani sejahtera. Ulang tahun tetap kita rayakan walaupun dalam situasi pandemi covid-19. Mudah-mudahan peringatan ini dapat memberikan motivasi dan momentum semangat dan pemikiran bagi masyarakat Sumbar agar menjadi lebih baik lagi ke depan," ucapnya.

Gamawan Fauzi berharap kegiatan ini ke depan dapat lebih besar lagi sehingga mampu menjadi pendorong kebangkitan semangat membangun masyarakat Sumbar untuk lebih maju dan produktif. Ia berpesan kepada gubernur berikutnya agar mau memaknai hari jadi ini sebagai gairah baru dalam pembangunan Sumbar yang menyejahterakan masyarakat. (OL-14)

BERITA TERKAIT