01 October 2020, 20:19 WIB

Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Kudus


Akhmad Safuan | Nusantara

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 Mabes Polri tangkap terduga teroris MF, 26, di rumah kontrakan di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang. Petugas kemudian memeriksa rumah MF di Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus ikut digledah petugas.

Pemantauan Media Indonesia Kamis (1/10) puluhan warga Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus masih terus berdatangan di sebuah rumah bercat biru di desa ituterus membicarakan penggeledahan sebuah rumah warga yang dilakukan oleh petugas Densus 88 Mabes Polri atas dugaan terorisme.

MF, yang berprofesi sebagai penjual es tebu, Rabu (30/9) sekitar pukul 08.00 WIB ditangkap petugas dari Densus 88 di Desa Pamotan. Dalam penggeledahan di rumah MF di Desa Bae, petugas membawa beberapa barang yang diduga terkait dengan kegiatan terorisme yakni sejumlah buku serta perangkat elekronik.

"Saya diminta datang ke rumah tersebut untuk mentaksikan penggeledahan rumah MF, saya tidak begitu kenal namun yang diketahui warga terduga bekerja membantu orang tua di toko bangunan," kata Ketua RW 1 Kelurahan Bae, Kudus Bambang Gusti Warso.

Informasi lain menyebutkan sebelum penangkapan di Rembang, Densus 88  melakukan penangkapan terduga teroris lain di Jepara. Terduga teroris yang ditangkap diduga merupakan jaringan Jemaah Islamiyah (JI) dan mantan kombatan.

Kepala Polres Kudus AKB Aditya Surya Dharma membenarkan penggeledahan yang dilakukan Densus 88 di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Menurutnya, terduga pernah tinggal di wilayah itu hingga tahun 2018.

Terduga yang merupakan anak pertama dari 13 bersaudara, ujar Aditya Surya Dharma, diduga kelompok Jamaah Islamiyah dan pernah pergi ke  Suriah. (R-1)

BERITA TERKAIT