01 October 2020, 19:26 WIB

Rumah OTG yang Isolasi Mandiri akan Ditempeli Stiker


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, rumah atau fasilitas pribadi yang menjadi tempat isolasi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) covid-19 akan dipasangi stiker atau penanda.

Ia menjelaskan, tujuan diberikannya penanda itu agar masyarakat dan petugas kesehatan dapat segera mengetahui apabila di dalam rumah tersebut ada warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri.

"Ya kan harus diberi tanda, supaya orang yang bertugas mengerti. Lingkungan masyarakat tahu, keluarga tahu, semua tahu," kata Riza di Balai Kota, Kamis (1/10).

Dengan dipasangi stiker, ia berharap warga yang sedang diisolasi, keluarga, tetangga hingga aparat wilayah seperti RT dan RW bisa memahami peran dan tanggung jawabnya masing-masing dalam menjalankan langkah isolasi di fasilitas pribadi ini.

Baca juga : Wagub DKI Tegaskan Mini Lockdown Berlaku Sejak Awal PSBB

"Ini upaya semuanya memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing. Semua harus diberi tanda agar tidak salah," tegasnya.

Sebelumnya, berdasarkan Keputusan Gubernur No 980 tahun 2020 Pemprov DKI Jakarta memperbolehkan warga berstatus OTG covid-19 menjalani isolasi mandiri di rumah dengan syarat tertentu.

Syaratnya antara lain memiliki jarak minimal 2 meter dengan rumah lainnya, memiliki kamar yang dapat dijadikan tempat isolasi dengan kamar mandi di dalam, memiliki alat-alat makan yang terpisah, tersedia air bersih, tidak ada penolakan dari warga sekitar, memiliki jalan yang dapat dilalui kendaraan roda empat, dan harus terhindar dari potensi banjir maupun tanah longsor.(OL-7)

BERITA TERKAIT