01 October 2020, 19:10 WIB

Bulog Jabar Salurkan Bantuan kepada 1,7 Juta Keluarga


Bayu Anggoro | Nusantara

PEMERINTAH terus menyalurkan bantuan sosial nontunai kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Badan Urusan Logistik (Bulog), sebagai salah satu perusahaan milik negara juga telah memberi bantuan untuk meringankan beban masyarakat akibat dampak Covid-19.

Kepala Bulog Jawa Barat Taufan Akib mengatakan pihaknya sudah menyalurkan bantuan beras kepada 1,7 juta keluarga penerima manfaat di Jawa Barat. Masing-masing keluarga penerima manfaat mendapatkan 15 kg beras setiap bulannya.

September lalu, jelasnya, Buliog Jabar menyalurkan 30 kg beras untuk setiap keluarga penerima manfaat. "Itu untuk dua bulan, untuk September dan Oktober ini," katanya di Bandung, Kamis (1/10).

Dalam setiap bulannya, jelasnya, Bulog Jawa Barat menyalurkan 26 ribu ton beras bantuan dengan jenis medium. Pada tahun ini, pihaknya mendapat pagu pengadaan beras sebanyak 214 ribu ton.

"Hingga akhir September kemarin sudah tersalurkan sebanyak 144 ribu ton atau 67%. Ketersediaan beras kami masih banyak, sehingga sangat cukup untuk program bansos ini," jelasnya.

Meski begitu, dia mengakui pihaknya tidak terlibat untuk penyaluran beras bantuan sosial tahap III dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Padahal, pada tahap I dan II penyaluran bantuan tersebut, pihaknya turut serta untuk pengadaan beras. "Kami fokus dulu untuk bansos Kemsos yang akan disalurkan sampai akhir tahun ini," katanya. (R-1)

BERITA TERKAIT