01 October 2020, 18:59 WIB

Wapres Minta DPD Ikut Jaga Pilkada agar Sesuai Protokol Kesehatan


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin meminta kepada Dewan Perwakilan Daserah untuk turur serta mengawal pemilihan kepala daerah (pilkada) agar dapat berjalan dengan prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia (LUBER), tanpa mengorbankan keselamatan jiwa dan kesehatan masyarakat.

Ia menuturkan bahwa berdasar pada pandangan agama menjaga keselamatan jiwa harus menjadi prioritas utama dibanding yang lainnya. Karena itu penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 mutlak dilakukan dalam pelaksanaan Pilkada.

"Untuk itu kiranya kita semua jangan pernah merasa jenuh ataupun lelah untuk saling mengingatkan tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan, khususnya dalam pelaksanaan berbagai tahapan Pilkada 2020," pesan Wapres dalam Hut ke-16 DPD RI, yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (1/10).

Baca juga : Nihil Sanksi Tegas, KPU: Sudah Berusaha Lewat PKPU

Ia menjelaskan, peran DPD yang melekat dengan masyarakat di daerah sangat strategis dalam upaya pencegahan penularan Covid-19. Masyarakat di daerah, ujarnya, akan lebih mudah untuk menerima imbauan dari para tokoh-tokoh masyarakatnya untuk selalu mematuhi kedisplinan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, serta berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi.

"Sehingga kehidupan sosial dan ekonomi dapat segera pulih kembali," ucapnya.

Wapres menegaskan, pemerintah sangat menghargai komitmen DPD RI untuk membangun interaksi politik antarlembaga negara yang lebih intensif dan optimal. Menurutnya hubungan kelembagaan negara yang baik, mencerminkan solidaritas dan harmoni kepemimpinan nasional serta memberikan dampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat. (OL-7)

BERITA TERKAIT