01 October 2020, 18:37 WIB

Empat Strategi Satgas Penanganan Covid-19 Ubah Perilaku


M Iqbal Al Machmudi | Humaniora

SATGAS Penanganan Covid-19 melakukan empat strategi dalam penanganan covid di tengah masyarakat sehingga masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan. Strategi tersebut yakni perlu tahu informasi yang benar, memperingatkan, memberi insentif, dan hukuman.

Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, Turro Wongkaren, mengatakan empat strategi itu dapat bersama digunakan untuk mengubah perilaku masyrakat. "Kita juga terus berupaya mengumpulkan influencer, kepala stasiun TV, dan lainnya supaya masyarakat memiliki cara pandang sama dan role model berperilaku sama," kata Turro saat dialog virtual bertajuk Pencegahan Covid-19: Beda Masyarakat, Beda Strategi? yang diadakan Satgas Penanganan Covid-19, Kamis (1/10).

Untuk influencer, Satgas menggandeng seseorang yang benar-benar berpengaruh dalam masyarakat sehingga dapat memberi informasi sekaligus memperingatkan untuk tetap mematuhi potokol kesehatan. Role model bisa tokoh masyarakat, tokoh agama, selebritas dan lainnya.

"Beberapa tempat, belum tentu lurah, camat, atau pejabat lain yang diikuti. Bisa saja kiainya, pemuka agama, atau penguasaha yang berpengaruh," ujar Turro.

Selama ini ada dua contoh program yang dapat mengubah perilaku masyarakat Indonesia. Program tersebut yakni Keluarga Berencana (KB) dan Program Ketertiban Penumpang Kereta Api," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT