01 October 2020, 17:32 WIB

Butuh Upaya Ekstra Agar Masyarakat Sadar Bahaya Covid-19


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

SATGAS Penanganan Covid-19 menilai butuh upaya ekstra untuk memberikan pemahaman bahaya covid-19 di tengah masyarakat. Apalagi virus tersebut dapat menyerang siapa pun tanpa pandang bulu.

Dokter Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi, Norman Zainal, menilai masyarakat harus diberikan pemahaman sampai ke level pendidikan.

Mengingat, karakteristik covid-19 adalah virus yang tidak terlihat, tidak berbau, tidak bersuara dan tidak terdeteksi dengan indera manusia.

"Virus itu ukurannya kecil sekali. Di tingkat nanometer, virus ini ukurannya 125 nanometer. Jadi nanometer itu 1:1 miliar meter. Sehingga, baru bisa terlihat di mikroskop elektron," tutur Norman dalam dialog virtual, Kamis (1/10).

Baca juga: Covifor, Obat untuk Pasien Covid-19 Gejala Berat, Resmi Diedarkan

Lebih lanjut, dia menekankan covid-19 musuh bersama yang sulit terdeteksi. Dengan penularan lewat manusia, virus ini semakin sulit diatasi.

Meski droplet berukuran kecil, namun memiliki bobot yang turun ke bawah. Sehingga rawan terkena alas kaki, yang kemudian terkena anggota tubuh manusia.

"Perlu upaya keras untuk melakukan pencegahan ini. Penularan covid-19 ini akan turun drastis, apabila masyarakat yakin ada yang perlu dijaga, yakni mulut dan hidung," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mendata masih banyak masyarakat yang kebal dengan isu covid-19. Padahal, kasus kematian akibat covid-19 di Tanah Air terus bertambah.(OL-11)

BERITA TERKAIT