01 October 2020, 13:08 WIB

50 Unit Rumah Program BSPS Diserahkan ke Warga Kabupaten Manokwari


Martinus Solo | Nusantara

SEBANYAK 50 unit rumah Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diserahkan oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Penyerahan itu ditandai secara simbolis penancapan paku di atap rumah warga di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (1/10).

Adapun 50 unit yang tersebar di empat kampung pemekaran dari desa induk Dobut di Distrik Manokwari Selatan, yakni Kuswor, Dobngey, Kawanua dan Mpeitritbow ini dalam tahap pemasangan atap rumah.

Gubernur Papua Barat dalam sambutannya menjelaskan, terealisasinya program ini tidak terlepas dari peran pemerintah daerah yang bekerja sama dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Papua II. 

"Kami mengupayakan agar semua program yang dijalankan dapat menjawab kebutuhan masyarakat. Pembangunan rumah bantuan pemerintah oleh kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Papua Barat. Dengan demikian telah dijawab. Kampung Dobut ini mendapat 50 unit rumah swadaya program BSPS," kata Dominggus Mandacan.

baca juga: Harga Sayuran dan Bumbu Dapur di Batam Naik 10%

Sementara itu, Kepala Balai Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Papua II, Yance Pabisa turut melaporkan secara keseluruhan terdapat 5.510 unit yang tersebar di 12 kabupaten dan 1 kota se-Papua Barat.

"BSPS ini merupakan tindak lanjut program bapak presiden untuk sejuta rumah dan diperuntuhkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Kami informasikan kepada bapak Gubernur di Papua Barat ada 5.510 unit. Di sini terdapat 50 unit," kata Yance.

Ia menambahkan program ini bisa terealisasi karena ada dukungan dari Gubernur Papua Barat yang terus mendorong agar pemerintah pusat mengucurkan bantuan pembuatan rumah layak untuk warga tidak mampu. (OL-3)

BERITA TERKAIT