01 October 2020, 11:55 WIB

Gubernur Erzaldi Kunjungi SMK Bidang Pertanian dan Perkebunan


mediaindonesia.com | Nusantara

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengunjungi SMK Negeri 1 Kelapa. Kedatangan Gubernur Erzaldi adalah untuk mengetahui kondisi pembelajara sekolah SMK di masa pandemi Covid-19, Rabu (30/9/20).

Gubernur Erzaldi Rosman meminta kepada para guru di SMK Negeri 1 Kelapa untuk mengelola lahan pertanian di sekolah tersebut dengan mengunakan teknologi pertanian. Harapannya agar dapat memotivasi para siswa untuk belajar di sekolah tersebut.

SMKN 1 Kelapa memiliki berbagai jurusan seperti agrobisnis tanaman perkebunan, hortikultura, pengolahan hasil pertanian, dan multimedia. Semua jurusan ini menjadi perhatian serius pemprov guna meningkatkan mutu sumber daya manusia di bidang tersebut.

Baca Juga: Ribuan Pekerja Hotel dan Restoran di Babel Dirumahkan

Dalam kunjungan kerja kali ini banyak hal yang disarankan oleh Gubernur Erzaldi kepada sekolah. Antara lain penataan sekolah agar sekolah ini maju dan berkembang sesuai harapan.

Melihat musala yang kecil, Gubernur Erzaldi minta tempat ibadah ini agar diperluas. Sehingga dapat menampung kapasitas jumlah jamaah yang salat berjamaah di sekolah.

"Saya minta musala dilebarkan, agar ketika waktu salat tiba, siswa bisa salat berjamaah di sini. Siswa juga diharuskan salat Duha sebelum memulai belajar, agar dapat berkah," ungkapnya.

Sebagai sekolah kejuruan di bidang pertanian dan perkebunan, Gubernur Erzaldi meminta sekolah ini lebih profesional dalam mengelola jurusan tersebut. "Saya minta nanti buatkan lahan untuk uji coba bidang pertanian. Misalnya, satu baris tanaman dikelola seperti ini, satunya lagi seperti itu. Nanti, hasilnya diteliti mana yang baik, sehingga siswa memiliki pengetahuan di bidang ini baik secara teori maupun praktik," ujarnya.

Baca Juga: Disdik Babel Minta Yayasan Beri Keringanan Iuran Sekolah

Dalam rangkaian kegiatan ini, Gubernur Erzaldi meninjau lahan pertanian untuk praktik siswa dengan pengelolaan menggunakan teknologi pertanian sehingga, para siswa yang lulus dari SMK bidang pertanian dan perkebunan ini memiliki ilmu pengetahuan mengenai pertanian modern yang nantinya dapat mengembangkan bidang pertanian di Babel.

Mengakhiri kunjungannya ini, Gubernur Erzaldi Rosman mencicipi kue hasil karya siswa jurusan pengolahan hasil pertanian. Misyanti, seorang siswi yang membuat kue tersebut merasa tersanjung mendapatkan pujian dari Gubernur Erzaldi.

"Saya senang sekali dapat sanjungan dari gubernur. Apalagi, orang nomor satu di Babel pesan kue buatan, adu senang hati kami pak," ungkapnya.

Kepala Sekolah SMK 1 Kelapa, Zariati bersyukur atas kunjungan Gubernur Erzaldi ke sekolahnya. Karena, menurut Zariati, apa yang telah mereka buat dapat dinilai langsung oleh orang nomor satu di Babel.
 
"Yang jelas beliau tahu keadaan kami. Di mana kekurangan kami, kelebihan kami? Dengan demikian, jadi bisa dipahami apa yang diperlukan untuk kemajuan SMK ini," ungkapnya. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT