01 October 2020, 11:52 WIB

Jumlah Kasus Positif di Klaster Perkantoran Setda Kudus Bertambah


Akhmad Safuan | Nusantara

PELACAKAN (tracking) kasus covid-19 terus dilakukan untuk menuntaskan pemanganan korona di lingkungan kantor Setda Kudus. Saat ini ada 18 ASN yang positif covid-19 dari sebelumnya 15 orang. Positif covid-19 ini setelah hasil swab test keluar. Dari ratusan ASN yang melakukan swab test di lingkungan kantor bupati, baru sebagian yang keluar.

"Mereka yang diketahui positif tersebut merupakan upaya tracking dan tes swab secara massal yang sudah keluar hasil uji laboratorium," kata Juru Bicara GugusTugas a Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kudus, Andini Aridewi, Kamis (1/10).

Berdasarkan data terbaru, demikian Andini, dalam sehari terjadi penambahan jumlah pasien positif covid-19 di Kudus sebantak 23 orang. Namun untuk hasil swab test dari kalangan ASN sebagian besar belum keluar, sehingga dimungkinkan dari klaster perkantoran ini akan meningkat.

baca juga: Kini Riau Masuk Tiga Besar Penyebaran Covid-19 di Indonesia

Secara akumulasi total kasus covid-19 di Kudus mencapai 1.564 kasus, dan 52 orang masih dirawat di rumah sakit, 148 orang isolasi mandiri, dan 1.164 oang sembuh. Adapun 200 orang meninggal dunia.

"Seluruh pasien covid-19 dari klaster kantor Setda Kudus itu berkatagori orang tanpa gejala (OTG) dan kini menjalani isolasi mandiri," lanjut Andini.

Pelacakan terhadap kasus yang ada, menurut Andini Aridewi, masih terus dilakukan terutama terhadap keluarga, teman dan orang-orang yang sempat kontak langsung dengan pasien. (OL-3)

BERITA TERKAIT