01 October 2020, 11:51 WIB

Pemerintah Diminta Segera Selesaikan Formulasi Harga PCR


Anggitondi Martaon | Humaniora

PEMERINTAH diminta segera menyelesaikan formulasi harga tes polymerase chain reaction (PCR). Sebab, harga swab test di sejumlah rumah sakit cukup tinggi yaitu antara Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta per tes.

"Kita harapkan dalam waktu dekat sudah ada terobosan (formulasi) dan kita tunggu (hasil formulasi)," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/10).

Ketua Harian DPP Gerindra itu menilai harga tes PCR yang berlaku saat ini memberatkan masyarakat. Terutama bagi mereka yang ingin menjalani perawatan di RS. Sebab, calon pasien diwajibkan melakukan swab test sebelum menjalani perawatan.

Baca juga: Menkes Tegaskan Nakes Jadi Prioritas Utama Vaksin Covid

Oleh karena itu, kata Dasco, dia berharap formulasi harga PCR tersebut segera dirilis. Sehingga, kajian pemerintah membuat harga PCR lebih murah.

"Dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat dan tidak merugikan pengusaha yang ada," ujar dia.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengeluhkan harga tes PCR. Dalam rapat kerja Komisi VIII DPR pada 3 September 2020, dia menyebut tarif tes PCR yang dipatok sejumlah RS mencapai Rp2,5 juta per spesimen. Harga tersebut dinilai terlalu tinggi karena modal tes usap tersebut hanya Rp500 ribu. (OL-1)

BERITA TERKAIT