01 October 2020, 11:15 WIB

Komisioner NBA Berharap Musim Depan tidak Perlu Karantina


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

KOMISIONER NBA Adam Silver berharap pertandingan musim depan tidak akan kembali dilakukan dengan sistem karantina akibat pandemi covid-19.

Berbicara terkait musim depan, Silver mengatakan, hingga saat ini, pihaknya belum mematangkan sistem apa yang akan diterapkan untuk musim depan. Ia juga mengaku belum mendapat kepastian kapan pertandingan musim depan akan mulai berjalan.

Selain itu, terkait masalah penggemar yang diizinkan menonton secara langsung di Stadion, NBA juga belum menentukan sikap mereka.

Baca juga: James Akui Musim Ini Jadi Tantangan Terberat Dalam Kariernya

"Saya berharap, kita tidak akan kembali ke sistem karantina. Tetapi, itu adalah sesuatu yang harus diperhatikan dengan melihat kondisi ke depan," ucap Silver.

Disebutnya, ia sungguh berharap sistem karantina hanya dilakukan untuk musim ini, tetapi kemungkinan untuk diterapkan kembali akan melihat kondisi ke depan.

"Saya sudah katakan sebelumnya, paling cepat kita akan memulai liga saat Natal, tapi itu mungkin saja bisa berubah," jelasnya.

"Kemungkinan besar kami akan mulai pada Januari. Tetapi, jika kami mulai pada Januari, berarti tempat pelatihan harus telah dimulai tiga minggu sebelumnya. Karena para pemain perlu istirahat secara fisik dan mental tidak ada yang bisa diganggu gugat akan hal itu," tuturnya.

Sementara itu, terkait penggemar yang diizinkan dapat menonton secara langsung di stadion, Silver mengatakan semua tergantung seperti apa pandemi covid-19 ke depannya.

"Berdasarkan semua yang saya baca, sama sekali tidak ada kemungkinan akan ada vaksin covid-19 yang telah didistribusikan secara luas sebelum musim depan. Namun, kami akan berupaya dari apa yang kami pelajari untuk dapat menghadirkan penggemar di stadion," sebutnya.

"Tidak ada yang benar-benar berubah dengan virus ini sejauh yang saya tahu, justru faktanya dibanyak negara bagian, kasus-kasus kembali bermunculan," sambungnya.

NBA mendekati akhir musim 2019-2020 setelah dilanda kekacauan ketika pandemi covid-19 melanda Amerika Serikat (AS)  dan membuat olahraga terhenti pada Maret.

Liga dimulai kembali setelah empat bulan absen pada Juli, dengan 22 tim yang ditempatkan di dalam karantina di Disney World di Orlando, Florida. Yang bertujuan melindungi pemain dan staf dari covid-19. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT