01 October 2020, 09:11 WIB

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila


Nur Azizah | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10). Sama seperti tahun-tahun sebelumya, upacara digelar di halaman Monumen Pancasila Sakti, Kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Namun, upacara kali ini hanya dihadiri beberapa pejabat negara. Tampak hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebagai pendamping Jokowi.

Upacara diawali dengan laporan dari Komandan Upacara, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Prosesi upacara langsung dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila dan UUD 1945 oleh ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mattalitti.

Baca juga: Bawaslu Sebut ASN di 224 Daerah Berpotensi Berpihak

Selanjutnya, pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani. Puan mengatakan sejak diproklamasikan kemerdekaan Indonesia telah menjadi rongrongan luar negeri.

"Rongrongan tersebut dimungkinkan karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi dengan nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Puan saat membacakan ikrar.

Kemudian acara ditutup dengan doa yang dipimpin Menteri Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila hari ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Upacara ini diikuti para pimpinan lembaga negara, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, dan para duta besar negara sahabat beserta undangan secara virtual. Kebijakan ini diambil guna mencegah penularan covid-19. (OL-1)

BERITA TERKAIT