01 October 2020, 05:58 WIB

Manuel Baum, Pelatih Anyar Schalke


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

SCHALKE 04 resmi menunjuk Manuel Baum sebagai pelatih baru. Hal itu diungkapkan klub Bundesliga itu di laman daring resmi mereka, Rabu (30/9).

"Kami merekrut ahli yang nyata di lapangan untuk Schalke 04, yakni Manuel Baum. Semua orang yang melihat sejarah pekerjaannya akan menyadari bahwa tim-tim asuhannya selalu tampil dengan rencana permainan yang jelas," ungkap kepala olahraga dan komunikasi Schalke Jochen Schneider.

Baum sebelumnya mengisi posisi pelatih timnas Jerman U-18. Di Schalke, ia dikontrak sampai 30 Juni 2022.

"Saya sangat senang. Ini merupakan klub dengan hasrat yang sangat besar. Saya tahu tanggung jawab yang saya miliki kepada klub dan
fans," kata Baum.

Baca juga: Bayern Menangi Piala Super Jerman Setelah Kalahkan Dortmund 3-2

"Penting bagi saya untuk berhenti fokus pada masalah-masalah dan justru lebih (fokus) kepada mencari solusi-solusi. Tim ini memiliki potensi yang sangat besar," tambahnya.

Selain kedatangan Baum, tim kepelatihan Schalke juga telah merekrut mantan pemainnya, Naldo.

Mantan bek tengah itu bermain untuk Schalke antara 2016 sampai Januari 2019, dengan catatan 80 pertandingan kompetitif.

Seperti Baum, Naldo juga dikontrak sampai 30 Juni 2022.

"Terasa sangat menyenangkan untuk kembali ke Schalke. Semua orang tahu bahwa klub ini memiliki tempat istimewa di hati saya. Saya ingin memberikan semua yang saya pelajari selama 19 tahun karier bermain saya, untuk menjadi anggota tim kepelatihan dan mendukung Manuel Baum sebaik mungkin," kata pria Brasil yang juga memiliki kewarganegaraan Jerman tersebut.

Schalke, pekan lalu, memecat pelatih David Wagner, setelah mereka memulai musim 2020/2021 dengan hasil negatif.

Pada pertandingan pertama Bundesliga musim ini, Schalke dihantam 0-8 oleh Bayern Muenchen, sedangkan pada laga kedua mereka dipermak 1-3 oleh Werder Bremen.

Tugas berat menanti Baum dan Naldo pada akhir pekan. Pada pertandingan putaran ketiga Bundesliga, Schalke akan dijamu tim peringkat keempat RB Leipzig pada Sabtu (3/10). (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT