01 October 2020, 07:45 WIB

Pelibatan Masyarakat Dalam Sosialisasi Pencegahan Covid-19


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

KABUPATEN Karangasem yang dikenal dengan kegigihan komunitas masyarakat dalam penanggulangan bencana melalui Pasemetonan Jagabaya (Pasebaya) Gunung Agung dapat menjadi salah satu peluang yang kuat dalam mengedukasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

“Kehadiran Pasebaya Gunung Agung di tengah masyarakat saat ini tidak hanya berlaku dalam penanganan potensi bencana Gunung Agung, tetap perannya juga dapat dimaksimalkan dengan pemberian edukasi pencegahan Covid-19 yang sangat berdampak pada kelangsungan hidup masyarakat,” kata Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Wisnu Widjadja, Rabu (30/9)

Baca juga: Tasikmalaya Melarang Kampanye Tatap Muka

Wisnu merekomendasikan agar Pasebaya Gunung Agung dapat memberikan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat melalui kanal informasi seperti radio komunitas serta pembentukan satuan tugas sampai ke tingkat desa sehingga pemahaman tentang protokol kesehatan dapat tersampaikan secara menyeluruh.

Sementara itu, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri juga menjelaskan strategi yang dilakukan Kabupaten Karangasem dalam menekan potensi penularan Covid-19.

“Walaupun sedang dilakukan pembatasan untuk mengurangi potensi penularan Covid-19, Pemerintah Kabupten Karangasem turut membantu memenuhi kebutuhan masyarakat seperti pemberian sembako dan insentif tambahan serta masker sehingga walaupun sedang mengalamo pembatasan sosial, masyarakat tetap mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan aman,” sebut Mas Sumantri dalam Sosialisasi Program dan Kegiatan Penanggulangan Bencana BNPB di Kantor Bupati Karangasem, Bali. (OL-6)

BERITA TERKAIT