01 October 2020, 02:25 WIB

Mourinho Umbar Pujian


Akmal Fauzi | Sepak Bola

ACUNGAN jempol terhadap semangat juang skuad Tottenham Hotspur diberikan pelatih asal Portugal Jose Mourinho, setelah anak asuhnya melenggang ke perempat final Piala Liga Inggris, kemarin.

Bermain dengan jadwal padat, empat laga dalam rentang delapan hari, Harry Kane dan kawan-kawan menjinakkan Chelsea 5-4 melalui adu penalti setelah berbagi skor 1-1 di waktu normal.

Ini menjadi kemenangan pertama Mourinho dari pelatih Chelsea, Frank Lampard, selama karier kepelatihannya. Sejak Lampard menjadi manajer pada Mei 2018, Mourinho sudah tiga kali berhadapan.

Hasilnya, the Special One belum pernah menang. “Kami menunjukkan daya juang hingga akhir. Saya memberi tahu para pemain sebelum adu penalti bahwa mereka luar biasa di babak kedua, kami membuat Chelsea terlihat biasa. Tim menunggu saat yang tepat,” ujar Mourinho.

Bermain di Tottenham Hotspur Stadium, tim tuan rumah tertinggal lebih dulu sejak babak pertama akibat gol Timo Werner. The Lilywhite julukan Tottenham baru bisa menyamakan kedudukan lewat gol Erik Lamela di menit-menit akhir pertandingan. 

Dalam drama adu penalti, kegagalan Masoun Mount sebagai algojo terakhir the Blues membuat tim tamu tersingkir. “Saya harus memikirkan tiga laga di saat yang sama, tetapi pemain hanya memikirkan pertandingan ini, mereka fenomenal,” kata Mourinho yang mengeluhkan jadwal padat dan itu sangat membahayakan kondisi pemain.

Sementara itu, Lampard menilai perubahan gaya bermain pada babak kedua jadi salah satu penyebab timnya kalah. Namun, secara keseluruhan dia cukup puas dengan performa Timo Werner dan kawan-kawan. 

“Kami mendominasi babak pertama, tapi permainan mulai berubah. Saya merasa senang dengan hal itu,” kata Lampard.


Jaga momentum

Dari ajang La Liga Spanyol, Barcelona mengusung misi mematahkan rekor buruk saat bertandang ke markas Celta  Vigo di Stadion Balaidos, dini hari nanti. 

Dalam enam pertemuan terakhir, Blaugrana julukan Barcelona itu tak pernah menang di Stadion Balaidos. Karena itu, skuad asuhan Ronald Koeman itu juga berusaha menjaga momentum kemenangan mereka seusai mengalahkan Villarreal 4-0 di laga perdana mereka. 

Pemain muda, Ansu Fati mencuri perhatian dengan mencetak dua gol dalam pertandingan itu. Ketajaman yang diharapkan berlanjut di Balaidos, dengan dukungan kreator serangan Lionel Messi.

Di kubu tuan rumah, ketajaman serangan ada pada diri Iago Aspas. Sang penyerang sudah mencetak 3 gol musim ini. Striker 33 tahun itu pula yang membuat Barca gagal mengamankan tiga poin di Balaidos pada musim lalu.

Di sisi lain, kurang dari enam minggu setelah Bayern Muenchen memenangi Liga Champions, gelaran antarklub terelite Eropa itu kembali melakukan pengundian pembagian grup di Nyon, Swiss, hari ini.

Muenchen serta tim finalis, Paris Saint-Germain, berada di pot unggulan pertama bersama Liverpool, Real Madrid, Juventus, Porto, Zenit Saint-Petersburg, dan Sevilla. Bakal terjadi persaingan ketat karena Barcelona, Atletico Madrid, Chelsea, Borussia Dortmund, dan kedua klub Manchester City dan United semuanya di pot kedua. (BBC/AFP/Sportmole/R-2)
 

BERITA TERKAIT