01 October 2020, 03:25 WIB

Galang Kekuatan Tangani Banjir


Rahmatul Fajri | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada tiga kunci keberhasilan penanganan banjir di Ibu Kota, yakni siaga, tanggap, dan galang. Tiga kunci itu harus dilakukan memasuki musim hujan yang diprediksi terjadi pada Oktober tahun ini. “Ketika terjadi banjir, harus menggalang seluruh kekuatan,” kata Anies saat memimpin apel kesiapan tanggap bencana banjir di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, kemarin.

Anies mengatakan seluruh komponen dari perangkat pemerintah daerah, TNI, dan Polri bisa membahu-bahu untuk menangani banjir. Ia optimistis persoalan banjir bisa diatasi dengan keterlibatan semua pihak.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini mengatakan sejauh ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas SDA dan Suku Dinas SDA di setiap wilayah terus melakukan upaya antisipasi genangan hingga banjir di musim hujan. “Upaya ini merupakan bagian dari program Gerebek Lumpur, yaitu pencegahan banjir secara serentak dan masif di lima wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta,” tandasnya. (Faj/Ssr/Dmr/J-2)

BERITA TERKAIT