30 September 2020, 23:37 WIB

BKS : Edukasi Masyarakat dalam Pemulihan Ekonomi Penting


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

EDUKASI yang gencar kepada masyarakat, terutama dalam penerapan protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas ekonomi penting untuk terus dilakukan agar pemulihan ekonomi berjalan seiring dengan penurunan kasus Covid-19.

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara dalam forum Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Inkubasi Bisnis XIV yang digelar secara virtual. Budi yang juga Wakil Ketua Umum PP Kagama itu mengakui dampak Covid-19 ke ekonomi cukup besar.

Namun, sejumlah indikator ekonomi, lanjut Budi mulai menunjukkan perbaikan di semester kedua tahun ini. Meski demikian, edukasi kepada masyarakat untuk terus menaati protokol kesehatan saat beraktivitas dinilainya jadi bagian dalam pemulihan ekonomi nasional.

"Saya pikir, hari ini adalah hari baik bagi kita untuk memberikan satu dorongan moril bagi seluruh masyarakat agar kuat menghadapi. Mari kita berkonsolidasi untuk melakukan sebuah reformasi demi menciptakan sesuatu yang lebih baik pada masa mendatang. Kita fokus untuk menghadapi ketidakpastian global," kata Budi.

Baca juga : Pemerintah Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2021 Sentuh 5%

Budi melanjutkan, dirinya dan jajaran menteri mendapat tugas dari Presiden untuk menjalankan tugas fungsi-fungsi pembangunan dan pergerakan dengan baik. Namun, hal itu harus dilakukan dengan humanis, higienis, dan dalam kondisi new normal. Di satu sisi, protokol kesehatan harus dijalankan dengan baik dan disiplin.

Pemerintah pun mulai mengarahkan pembangunan ke konsep padat karya agar mampu menyerap tenaga kerja Indonesia. Di sisi lain, peningkatan kualitas SDM Indonesia pun terus dilakukan.

"Semua kementerian melakukan padat karya. Sehingga, mereka yang terkena PHK diharapkan bisa mendapatkan pekerjaan dan pendapatan yang baik,” tutur Budi (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT