01 October 2020, 00:05 WIB

Dampak Covid-19 pada Bisnis Perkebunan Sawit


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

DIREKTUR CECT Trisakti dan MM Suistanability, Maria R Nindita Radyati, memaparkan dampak Covid-19 pada industri perkebunan terutama kelapa sawit.

"Persoalan dunia saat ini yakni wabah Covid-19 berpengaruh kepada bisnis dan kemitraan. Selain itu, ada juga masalah perubahan iklim," kata Maria saat webinar Indonesia Bicara bertajuk Inti Plasma Sektor Perkebunan yang diadakan Media Indonesia, Rabu (30/9).

Baca juga: Lebih dari 2.000 Bencana Terjadi Hingga Akhir September 2020

Menurutnya, kemitraan inti plasma harus sesuai dengan klien yang ada akan mempengaruhi pada value chain sektor perkebunan. "Seperti faktor input yakni bahan baku dan lainnya yang berpengaruh pada produksi," ucapnya.

Kemudian, mempengaruhi produk yang akan dijual dan marketing karena Covid-19 akan menjadi sulit keterbatasan mobilitas masyarakat.

"Sehingga mau tidak mau sangat tergantung digital marketing untuk menjual produk pertanian melalui digital," jelasnya.

Selain itu, ada pola konsumsi yang berubah. Food industri akan semakin kuat ke depannya karena work from home (WFH) semua orang mulai memasak di rumah, sehingga perlahan indutri makanan akan berkembang.

Maria juga menyoroti perubahan iklim yang terjadi sehingga banyak terjadi kebakaran di hutan dan kebun sawit serta perubahan cuaca yang tidak menentu. (OL-6)

BERITA TERKAIT