30 September 2020, 23:45 WIB

Suara Dentuman Keras Terdengar di Roland Garros


Rifaldi Putra Irianto | Internasional

SUARA dentuman keras terdengar ditengah penyelenggaraan Prancis Terbuka Roland Garros Rabu (30/9) waktu setempat, sejumlah petenis mengaku sempat khawatir saat mendengar suara tersebut.

Mengkonfirmasi suara dentuman tersebut, pihak Militer Prancis mengungkapkan bahwa dentuman tersebut merupakan sonic boom jet dari jet supersonik militer.

Baca juga: Lembaga Keuangan Internasional Seharusnya Bantu Cegah Wabah Baru

Dentuman yang terdengar di pusat kota hingga pinggiran kota Paris tersebut, dikatakan pihak Militer dilakukan sebagai bagian dari latihan untuk membantu pesawat lain yang kehilangan kontak radio, dan telah diizinkan melakukan perjalanan dengan kecepatan supersonik.

"Ya, saya mendengarnya, saya agak khawatir karena saya pikir sesuatu yang buruk telah terjadi," kata petenis Ukraina Elina Svitolina yang mendengar dentuman tersebut saat tengah bertanding di putaran kedua Prancis Terbuka.

"Aku melihat ke arah wasit, dia (wasit) juga sedikit terkejut karena kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, namun ternyata itu karena pesawat terbang, suaranya terdengar seperti ada sesuatu yang keras jatuh," imbuhnya.

Hal serupa juga dirasakan petenis Swiss Stan Wawrinka, saat tengah bertanding melawan petenis Jerman Dominik Koepfer namun dirinya mengetahui informasi sumber suara lebih cepat sehingga dapat kembali bertanding dengan fokus.

"Saya terkejut sama seperti semua orang, yang pasti kami meminta wasit untuk memberitahu asal suara tersebut. Dan semuanya memberikan jawaban dengan cepat, jadi semua berjalan dengan baik," ucap Wawrinka.

Koepfer mengungkapkan suara dentuman tersebut sangat keras dan sempat membuatnya hilang fokus untuk satu dua poin pertandingan.

"Rasanya seperti mikrofon yang dijatuhkan seseorang, rasanya aneh. Untuk satu atau dua poin pertandingan saya memikirkannya, namun terlihat tidak ada yang panik, jadi saya tidak terlalu khawatir," tuturnya. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT