30 September 2020, 21:15 WIB

Klaster Ponpes Kembali Muncul di Tasikmalaya


Kristiadi | Nusantara

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat mengoknfirmasi kemunculan klaster baru penyebaran Covid-19. Klaster baru tersebut merupakan salah satu pondok pesantren (ponpes) di kawasan Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Hal itu diungkakan Asisten Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Muchsin. Namun, belum diketahui secara pasti pasien terkonfirmasi positif.

"Petugas gugus tugas sekarang ini berupaya melakukan tracing kepada 70 orang berada di kawasan itu. Belum diketahui secara pasti berapa yang terkonfirmasi positif. Karena, saat ini ada beberapa pasien diisolasi di rumah sakit dan tim gugus tugas berupaya melakukan pencegahan hingga melakukan penelusuran," katanya, Rabu (30/9).

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya, Harus Harosid membenarkan adanya kasus dari pondok pesantren di kawasan Cipasung. Sejauh ini sudah ada dua pesantren di Kabupaten Tasikmalaya yang terdapat kasus positif Covid-19.

"Kita akan mengumpulkan seluruh pimpinan pondok pesantren untuk mensosialisasikan agar lebih menerapkan protokol kesehatan. Karena, memang selama ini memang masih adanya masyarakat yang tetap mengabaikan peraturan tersebut terutama tak memakai masker, jaga jarak dan tetap berkerumun," ujarnya.

Data gugus tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya menunjukkan terdapat 87 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. 55 diantaranya telah sembuh, 29 orang masih dalam perawatan dan tiga meninggal dunia. (R-1)

BERITA TERKAIT