30 September 2020, 16:57 WIB

14 Saksi Diperiksa Terkait Pelarian Napi WN Tiongkok


Cindy Ang | Megapolitan

POLDA Metro Jaya telah memeriksa 14 saksi terkait insiden pelarian bandar narkoba asal Tiongkok, Cai Changpan alias Cai Ji Fan, dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang. Cai Changpan masih dalam kejaran polisi.

"Ada 14 saksi yang telah diperiksa yaitu istri dan juga ada beberapa orang disekitar kediaman istri tersangka di daerah Bogor sana," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (30/9).

Yusri mengatakan Cai Changpan sempat menemui keluarga setelah berhasil kabur dari balik jeruji. Sehingga, pihaknya perlu memintai keterangan sejumlah saksi di sekitar kediaman istri Cai Changpan.

Baca juga : Petugas CCTV Lapas Tertidur saat Napi WN Tiongkok Kabur

Selain itu, keterlibatan petugas lapas juga tengah diselidiki. Sebab, pelarian Cai Changpan diketahui setelah sebelas jam melarikan diri. Yusri menyebut ada tiga sif kerja petugas lapas. Namun, yang mengecek keberadaan Cai Changpan hanya petugas lapas di sif ketiga.

"Kami juga mendalami petugas yang menjaga menara ketiduran pada saat itu, menjaga yang CCTV juga, kemudian menjaga senter yang dilapas itu ketiduran juga," ujar dia.

Terpidana hukuman mati itu kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada Senin malam, 14 September 2020. Petugas lapas mengetahuinya 11 jam kemudian. Polisi tengah menyelidiki dugaan keterlibatan petugas lapas atas kaburnya bandar narkoba tersebut. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT