30 September 2020, 16:46 WIB

BPOM Telah Berikan Izin Edar Obat Covid-19 Produksi Kalbe Farma


Atalya Puspa | Humaniora

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan pihaknya telah memberikan izin edar terhadap obat covid-19 yang diproduksi PT Kalbe Farma Tbk.

"Iya betul sudah boleh beredar. PT Kalbe Farma bekerjasama pemasaran dengan importirnya, PT Amarox Pharma Global," kata Kepala BPOM Penny Lukito saat dikonfirmasi, Rabu (30/9).

Seperti diketahui, dalam keterangan yang dikeluarkan PT Kalbe Farma, pihaknya akan memproduksi Covifor yang merupakan obat antivirus untuk pasien covid-19 yang diimpor oleh perusahaan farmasi dari India, PT Amarox Pharma Global.

Obat tersebut telah mendapatkan persetujuan emergency use authorization (EUA) dari BPOM dan akan segera dipasarkan di dalam negeri.

Baca juga : Update Covid-19: Sembuh Bertambah 4.510 Orang

Adapun, terdapat sejumlah syarat spesifik penggunaan obat tersebut. Diantaranya, digunakan pada pasien covid-19 berusia 12 tahun ke atas, berat badan 40 kg ke atas, dan pasien bergejala berat yang sedang melakukan perawatan di rumah sakit.

PT Kalbe Farma akan mengadakan acara peluncuran Covifor pada Kamis (1/10) yang akan dihadiri oleh Kepala BPOM Penny Lukito, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Vidjongtius, Country Manager PT Amarox Pharma Global Sundeep Sur, dan Duta Besar India Paradeep Kumar Rawat. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT