30 September 2020, 15:35 WIB

Ini yang Harus Dilakukan Setelah Sembuh dari Covid-19


Putri Rosmalia Oktaviani | Weekend

SETELAH sembuh atau terkonfirmasi negatif covid-19,  tubuh memerlukan waktu untuk sepenuhnya pulih. Pada beberapa kasus di dunia, dilaporkan pasien yang telah negatif covid-19 masih kerap merasakan gejala sisa. Mulai dari napas yang pendek, mudah lelah, hingga sakit kepala.

Untuk mempercepat pemulihan tubuh pasca terkena covid-19, berikut beberapa cara yang harus dilakukan yang kami sarikan dari ndtv.com.

1. Rutin berolahraga

Olahraga mungkin bukan hal yang mudah dilakukan karena tubuh masih lemah pasca terpapar covid-19. Namun, secara bertahap tubuh harus dibiasakan bergerak. Mulailah dari olahraga ringan dan singkat lalu tambah durasi secara bertahap.

2. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi

Tubuh memerlukan antibodi yang kuat dalam memerangi virus covid-19, bahkan ketika virus sudah tak lagi ada di tubuh. Konsumsilah makanan bergizi tinggi untuk mempercepat badan kembali bugar seperti sedia kala. Bila perlu konsumsi suplemen tambahan sesuai kebutuhan dan saran dokter.

3. Latih kekuatan otak

Virus covid-19 diketahui dapat memengaruhi kemampuan otak dalam bekerja. Beberapa pasien covid-19 diketahui juga mengalami gangguan berpikir akibat virus ini. Mulailah latih kembali otak Anda dengan melakukan berbagai aktivitas ringan seperti bermain puzzle.

4. Istirahat

Berikan waktu pada tubuh untuk memulihkan diri secara maksimal. Jangan memaksakan diri langsung melakukan kegiatan seperti sebelum tubuh terserang covid-19. Nikmati waktu beristirahat dengan baik.

5. Tangkap sinyal tubuh dengan baik

Dalam proses recovery, jangan lengah terhadap sinyal yang diberikan tubuh. Bila ada gejala yang dirasa janggal dan mengganggu, segera konsultasikan dengan dokter.

6. Beri jarak dari banyak orang

Jangan langsung biarkan tubuh terpapar virus atau bakteri dari orang lain. Kondisi tubuh yang masih lemah membuat dampak paparan akan lebih berat. (M-4)

 

BERITA TERKAIT