30 September 2020, 12:00 WIB

Para Paslon Diingatkan Tetap Patuhi Aturan saat Kampanye


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

PARA calon kepala daerah diminta untuk benar-benar mematuhi aturan dalam melakukan kampanye sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta peraturan perundang-undangan lainnya.

“Banyak hal yang harus diperhatikan pada masa kampanye ini, misalnya membatasi jumlah orang dan disiplin dilakukannya jaga jarak," tegas Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan di Jakarta, Rabu (30/9).

Baca juga: Baru 55% Pemda Cairkan Dana Hibah Pilkada Serentak 2020

Ia mengingatkan bahwa alat peraga kampanye yang biasanya berupa kaos, topi, akan lebih bermanfaat jika digantikan dengan barang-barang yang dibutuhkan saat pandemi seperti hand sanitizer, masker, sabun, alat cuci tangan, face shield dan sebagainya. Selain itu, dalam mengangkat tema kampanye, para calon kepala daerah diharapkan menyampaikan visi-misi tentang strategi perlawanan terhadap pandemi covid-19.

"Di situlah salah satu tolak ukur kepedulian dan kemampuan pasangan calon dalam melindungi masyarakatnya di tengah pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Disampaikannya, Kemendagri mengapresiasi pasangan calon yang melaksanakan kampanye sebagai bagian dari perlawanan Covid-19 seperti membagikan alat kampanye dalam bentuk masker, hand sanitizer, sabun, face shield, alat pencuci tangan dan sosialisasi pendisiplinan masyarakat dan pengananan penularan Covid-19. (Ind/A-1)

BERITA TERKAIT